Mardiana, Wahyu (2022) Analisis kemampuan berpikir reflektif matematis siswa kelas X MA Darul Qur’an Bengkel dalam menyelesaikan masalah trigonometri. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
.Wahyu Mardiana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kecendrungan siswa yang kurang mengoptimalkan kemampuan berpikir terutama kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi perbandingan trigonometri. Salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah kemampuan berpikir reflektif, yang dalam penelitian ini meliputi 3 fase yang terdiri dari fase reacting, fase comparing dan fase contemplating. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini dilaksanakanْdiْMAْDarulْQur’anْBengkelْdi kelas X Bahasa. Subjek penelitian yang digunakan peneliti adalah 3 orang siswa dari 18 siswa kelas X Bahasa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi hasil tes kemampuan berpikir reflektif matematis dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir reflektif matematisْsiswaْkelasْXْBahasaْMAْDarulْQur’anْBengkel terdiri dari 3 kategori, yaitu TBR1 (Reflektif), TBR2 (Cukup Reflektif) dan TBR3 (Kurang reflektif). Kemampuan berpikir reflektif (TBR1) tercapai ketika subjek memenuhi ketiga fase berpikir reflektif (Reacting, Comparing, Contemplating). Kemampuan berpikir cukup reflektif (TBR2) tercapai apabila subjek memenuhi dua fase berpikir reflektif. Sedangkan kemampuan berpikir kurang reflektif (TBR1) tercapai ketika subjek memenuhi satu fase berpikir reflektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: berpikir reflektif; masalah trigonometri; kemampuan berpikir
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 24 Oct 2022 03:27
Last Modified: 25 Oct 2022 02:12
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3058

Actions (login required)

View Item View Item