Jayadi, Muh. Karman (2022) Improving reading comprehension through reciprocal teaching technique at the first grade students of MA NW Wanasaba In Academic Year 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Muh. Karman Jayadi 180107085_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur tersebut meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Partisipan dalam penelitian ini adalah peneliti, guru bahasa Inggris di sekolah, dan siswa kelas satu MA NW Wanasaba tahun ajaran 2021/2022. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dengan mengamati proses belajar mengajar siswa di kelas. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dengan melakukan pre-test dan post-test untuk melihat peningkatan pemahaman membaca siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi, pre-test, dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian, pemahaman siswa terhadap teks bacaan melalui teknik reciprocal teaching mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil post-test siklus 2 dari 24 siswa di kelas tersebut memperoleh nilai rata-rata 78,33. Partisipasi siswa dalam proses pembelajaran di kelas secara umum positif. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik reciprocal teaching dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas I MA NW Wanasaba tahun ajaran 2021–2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pemahaman membaca; teknik reciprocal teaching
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 19 Oct 2022 00:57
Last Modified: 19 Oct 2022 00:57
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3028

Actions (login required)

View Item View Item