Istiqomah, Istiqomah (2022) The effectiveness of extensive reading approach toward students’ vocabulary mastery at the seventh grade students of Mts Negeri 2 Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Istiqomah_180107116_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini berjudul Keefektifan Pendekatan Membaca Ekstensif Terhadap Penguasaan Kosakata Siswa di Kelas Tujuh di MTs Negeri 2 Mataramdengan masalah utama yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimanapengaruh penggunaan membaca ekstensif sebagai pendekatan bagi siswa dalambelajar kosa kata pada kelas tujuh di MTsN 2 Mataram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan pendekatan membaca secara ekstensif berpengaruh atau tidak terhadap siswa dalam mempelajari kosa kata. Penelitimenggunakan penelitian pra eksperimental dengan desain satu kelompok tes awadan tes akhir, yang terdiri dari enam pertemuan termasuk perlakuan. Populasi dalampenelitian ini adalah siswa di kelas tujuh di MTs Negeri 2 Mataram yang terdiri dar6 kelas. Sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan jumlah 36 siswa dan di ambil di kelas 7D. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tespilihan ganda untuk memperoleh data. Dari data yang di peroleh menunjukkan bahwa ada perubahan hasil tes siswa. Nilai tes awal siswa 7D mendapatkan hasilyang kurang baik. Setelah diberikan perlakuan penguasaan kosa kata siswameningkat secara signifikan pada tes akhir. Nilai rata- rata siswa adalah adalah44.19 pada tes awal dan menjadi 72.92 pada tes akhir. Hasil pengujian hipotesispenelitian ini adalah 0.000 pada Sig. 2- tailed. Hal ini dikaenakan Sig < a maka H0 ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan membacaekstensif efektif dalam meningkatkan kosakata siswa kelas tujuh SMP. Dengan demikian, pendekatan membaca ekstensif dapat digunakan oleh guru sebagai teknik pembelajaran bahasa inggris siswa di sekolah untuk meningkatkan kosakata siswadi kelas 7D MTsN 2 Mataram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pendekatan membaca ekstensif; penguasaan kosa kata.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 19 Oct 2022 00:26
Last Modified: 19 Oct 2022 00:26
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3027

Actions (login required)

View Item View Item