Aspahani, Aspahani (2022) Analisis kesalahan imla’ dan nahwu pada insya’ aroby dan merancang model pembelajaran insya’ yang sesuai untuk pondok pesantren Al Kautsar Al Gontory Aikmel Lombok Timur. Masters thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Aspahani 200406004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk - bentuk kesalahan Imla’ Dan Nahwu pada tulisan Insya’ santri Kls 3 dan 4 Pon-Pes Al kautsar Al Gontory, sebagai dasar untuk merancang model yang sesuai untuk pembelajaran Insya’ di Al kautsar Al Gontory. penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan imla’ yang dilakukan santri kelas 3 mencangkup 11 jenis kesalahan, Nahwu mencangkup 14 jenis kesalahan. adapun kesalahan imla’ yang dilakukan kelas 4 sebanyak 12 jenis kesalahan, dan kesalahan Nahwu mencangkup 7 jenis kesalahan. jenis keslahan lain yang ditemukan adalah, Tidak membuat Muqoddimah dan penutup Insya’, serta tidak menggunakan tanda baca. model pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran Insya’ di Pon-Pes Al Kautsar Al Gontory adalah model PBJL dengan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, dan menggunakan metode pemberian tugas. Hasil rancangan pembelajaran yang cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran Insya’ di pon-Pes Al Kautsar Al Gontory berdasarkan beberapa pertimbangan adalah model pembelajaran langsung dengan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru, dan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori, metode yang sesuai untuk mengaplikasikan strategi ini adalah metode ceramah dan tanya jawab. jika guru ingin mengkhususkan 1 jam pelajaran untuk melibatkan santri dalam memperbaiki kesalahan penulisan Insya mereka maka strategi yang cocok digunakan adalah strategi pembelajaran discoveri dengan pendekatan yang berpusat pada siswa yang diaplikasikan dengan metode diskusi.
Actions (login required)
![]() |
View Item |