Aspahani, Aspahani (2022) Analisis kesalahan imla’ dan nahwu pada insya’ aroby dan merancang model pembelajaran insya’ yang sesuai untuk pondok pesantren Al Kautsar Al Gontory Aikmel Lombok Timur. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Aspahani 200406004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk - bentuk kesalahan Imla’ Dan Nahwu pada tulisan Insya’ santri Kls 3 dan 4 Pon-Pes Al kautsar Al Gontory, sebagai dasar untuk merancang model yang sesuai untuk pembelajaran Insya’ di Al kautsar Al Gontory. penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan imla’ yang dilakukan santri kelas 3 mencangkup 11 jenis kesalahan, Nahwu mencangkup 14 jenis kesalahan. adapun kesalahan imla’ yang dilakukan kelas 4 sebanyak 12 jenis kesalahan, dan kesalahan Nahwu mencangkup 7 jenis kesalahan. jenis keslahan lain yang ditemukan adalah, Tidak membuat Muqoddimah dan penutup Insya’, serta tidak menggunakan tanda baca. model pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran Insya’ di Pon-Pes Al Kautsar Al Gontory adalah model PBJL dengan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, dan menggunakan metode pemberian tugas. Hasil rancangan pembelajaran yang cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran Insya’ di pon-Pes Al Kautsar Al Gontory berdasarkan beberapa pertimbangan adalah model pembelajaran langsung dengan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru, dan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori, metode yang sesuai untuk mengaplikasikan strategi ini adalah metode ceramah dan tanya jawab. jika guru ingin mengkhususkan 1 jam pelajaran untuk melibatkan santri dalam memperbaiki kesalahan penulisan Insya mereka maka strategi yang cocok digunakan adalah strategi pembelajaran discoveri dengan pendekatan yang berpusat pada siswa yang diaplikasikan dengan metode diskusi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: imla’; nahwu; metode belajar; insya'
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021404 Maharat al-Kitabah (Writing Skill)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021406 al-Lughah al-'Arabiyyah li Aghradh al-Khash (Arabic for Specific Purposes)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 12 Oct 2022 05:09
Last Modified: 12 Oct 2022 05:09
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3003

Actions (login required)

View Item View Item