Ismail, Hanan (2019) Strategi guru agama dalam meningkatkan motivasi belajar keagamaan siswa MAN Insan Cendekia Lombok Timur. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text (Sinopsis)
SIinopsis.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (319kB)

Abstract

INDONESIA Penelitian dalam tesisi ini dilatar belakangi oleh strategi guru dan motivasi belajar keagamaan siswa di lingkungan MAN Insan Cendekia dengan sistim boarding school/berasrama dan fokus pembelajaran pada sain dan sosial. Adapun pelajaran keagamaan diharapkan menjadi penguat keilmuan sain dan sosial. Sehingga guru sebagai sosok panutan siswa memiliki tugas untuk melaksanakan proses belajar mengajar dengan strategi pembalajaran yang baik Sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar keagamaan siswa. Tanpa strategi yang baik, proses pembelajaran tidak akan dapat mencapai tujuan. Pokok masalah dalam tesis ini adalah: 1). Bagaimana proses belajar mengajar keagamaan siswa MAN Insan Cendekia Lotim. 2). Bagaimana motivasi belajar keagamaan siswa MAN Insan Cendekia Lotim. 3) Bagaimana strategi guru agama dalam meningkatkan motivasi belajar keagamaan siswa MAN Insan Cendekia Lotim. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, yang sifat datanya adalah kualitatif, dalam pembahasannya menggunakan deskriptif. Metode pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan triagulasai. Analisa data dilakukan di lapangan, dan menguji keabsahan data dilakukan dengan pengamatan, triangulasi, pembahasan teman sejawat. Berdasarkan observasi, MAN Insan Cendekia adalah lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama RI yang menyelenggarakan pendidikan di bidang sains dan sosial sebagai sekolah/madrasah yang memiliki keunguglan tersendiri dan diperkuat dengan nialai-nialai keagamaan dan menempuh sejumlah strategi dalam pembelajaran. Setelah penelitian dilakukan dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran perlu adanya, 1) Membuat Rencana Program Pembelajaran sebaik mungkin, mempelajarinya sebelum proses belajar mengajar, menyiapkan fisiologis dan psikologis guru. 2) Dalam pelaksanaan pembelajaran keagamaan dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa guru menggunakan strategi belajar yang baik yaitu strategi yang berpusat pada guru dan siswa dengan menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat. 3). Guru harus berpenampilan menarik dan rapi, menyampaikan materi sesuai dengan perencanaan yang didukung dengan suara jelas, memberikan phunisment dan reward, evaluasi, kreatif dalam mengubah stategi sesuai dengan sikon dan pengunaan media dan sumber belajar. Faktor pendukung strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar keagamaan di MAN Insan Cendekia Lotim diantaranya kondisi siswa yang memiliki tingkat intelegensi yang kuat, kondisi siswa yang stabil, kondisi guru yang berkompetensi, sarana dan prasara lingkungan belajar yang mendukung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: strategi mengajar; guru; motivasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 12 Mar 2021 06:35
Last Modified: 12 Mar 2021 06:35
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/300

Actions (login required)

View Item View Item