Isdin, Zulfaini (2021) Peran objek wisata Zamzara terhadap perekonomian masyarakat di Desa Mamben Lauk Kecamatan Wanasaba Lombok Timur. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Zulfaini Isdin..pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Sektor pariwisata adalah salah satu faktor yang strategis bagi perekonomian suatu daerah, terutamadalam meningkatkanpendapatan masyarakat, pendapatan asli daerah, dan devisa Negara. Pariwisata dapat memberikan banyak manfaat sosial, ekonomi bahkan penunjang pembangunan di lingkungan hidup, selain itu pariwisata juga kerap dijadikan sebagai langkah awal yang dilakukan untuk memajukan perekonomian suatu daerah atau negara.Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana peran objek wisata Zamzara terhadap perekonomin masyarakat di Desa Mamben Lauk Kecamatan Wanasaba Lombok Timur, terutama untuk karyawan dan untuk masyarakat yang ada di kawasan objek wisata Zamzara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,dokumentasi, dan wawancara. Selain itu data yang diperoleh bersifat informasi, keterangan-keterangan bukan dalam bentuk simbol atau angka, pada teknik wawancara tidak terstruktur atau semi terstruktur yang dimana peneliti bebas menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan penelitian yaitu dengan cara tatap muka dan tanya jawab secara langsung dengan pihak informan atau subyek untuk memperoleh data. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil bahwa dengan adanya objek wisata Zamzara tersebut bisa membantu perekonomian dan dapat memperoleh pekerjaan guna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari.Oleh karena itu semenjak di bangunnya objek wisata tersebut sangat menguntungkan untuk masyarakat sekitar baik itu untuk karyawan maupun untuk para pedagang yang ada di objek wisata Zamzara tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran; objek wisata; perekonomian; masyarakat |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150402 Hospitality Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150404 Sport and Leisure Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150601 Impacts of Tourism 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150602 Tourism Forecasting 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150603 Tourism Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150604 Tourism Marketing 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150605 Tourism Resource Appraisal |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | H Nabil udin |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 13:59 |
Last Modified: | 10 Oct 2022 13:59 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2992 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |