Subki, Imam Ahmad (2022) Manajemen pendidikan diniyah formal di pondok pesantren Salafiyah Ar-Rahmah NU Desa Bonder Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah. Masters thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Imam Ahmad Subki 200403018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan (1) menjelaskan manajemen pendidikan diniyah formal (2) menjelaskan manajemen santri diniyah formal (3) menjelaskan kendala dan solusi manajemen pendidikan diniyah formal Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dan jenis penelitian ini adalah penomonologi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data digunakan adalah analisis menurut Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) manajemen pendidikan diniyah formal meliputi empat tahap yaitu planning, organizing, actuating dan controlling, namun masih terdapat kekurangan pada pelaksanaan kegiatan manajemen kurikulum yaitu dalam penyusunan kurikulum setiap tahun ajaran dan setiap semester belum terencana, terorganisir, terarahkan dan terkontrol secara optimal, terlihat dari ketiadaan pembahasan kurikulum dan perencanaan kurikulum yang idealnya diagendakan (2) Manajemen pendidikan diniyah santri dapat dilakukan dengan penerimaan santri baru, pencatatan santri dalam buku indeks dan klapper (3) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan diniyah formal yaitu masih minimnya pengetahuan masyarakat tentang pendidikan diniyah formal, penerapan kurikulum dalam pembelajaran masih kurang, guru masih kurang disiplin dalam pelaksanaan pembelajaran, sarana dan prasarana yang masih kurang, metode dan media pembelajaran yang kurang variatif. Adapun solusi dalam pelaksanaan pendidikan diniyah formal yaitu sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang penidikan diniyah formal itu memiliki status yang sama yaitu mendapat ijazah seperti pendidikan formal, mengadakan perbaikan kurikulum, menumbuhkan kedisiplinan guru dan murid, mengajukan kerja sama dengan lembaga daerah setempat untuk melengkapi kebutuhan sarana dan prasarana pembelajaran, mengadakan sharing antar guru
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen pendidikan; pendidikan diniyah formal; manajemen kurikulum; santri |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 00:44 |
Last Modified: | 10 Oct 2022 00:44 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2975 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |