Andriani, Eva (2021) Efektifitas penggunaan media online dalam pembelajaran ips pada masa pandemi Covid-19 di SMPN 2 Jonggat Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Eva Andriani.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA Penggunaan media online dalam pembelajaran IPS pada masa pandemi covid-19 diharapkan agar proses pembelajaran tetap bisa dilaksankankan secara efektif. Adapun fokus penelitian pada skripsi ini yaitu efektifitas penggunaan media online dalam pembelajaran IPS pada masa pandemi covid1-19 di SMPN 2 Jonggat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektifitas penggunaan media online dalam pembelajaran IPS di masa pandemi covid-19 di SMPN 2 Jonggat.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif, jenis penelitian yang digunakanadalah penelitian deskriptif,tujuannya adalah untuk membuat deskripsi suatu gejala peristiwa yang terjadi. Hal ini untuk menjawab rumusan masalah yang ada. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observais,wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru IPS kelas VIII, dan siswa kelas VIII di SMPN 2 Jonggat. Dalam teknik analisis data peneliti menggunakan reduksi data dengan cara merangkum dan memilih hal-hal yang pokok, penyajain data dilakukan dengan menguraikan dengan singkat yang akan dijelaskan dengan sistematis, dan menyimpulkan data yang nantinya bisa menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media online dalam pembelajaran IPS di SMPN 2 Jonggat belum efektif dikarenakan sinyal lelet atau lemah, sarana dan prasarana yang belum memadai, keterbatasan kemampuan penggunaan smartphone pada guru, dan tidak memiliki cukup kuota untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar. Maka dari hasil tersebut memberikan hasil bahwa pengunaan media online pada pembelajaran IPS di masa pandemi covid-19 belum efektif.
Actions (login required)
![]() |
View Item |