Handayani, Diana (2020) Penerapan metode takrir dalam penguatan hafalan al-qur’an santriwati di Yayasan Al-Iman Pondok Pesantren Hidayatullah Kebun Sari Ampenan Kota Mataram. Other thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Diana Handayani 160101006.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Metode Takrir dalam Penguatan Hafalan al-Qur‟an Santriwati di Yayasan al-Iman Pondok Pesantren Hidayatullah Kebun Sari Ampenan Kota Mataram Tahun 2020. Tujuan dari penelitian ini ialah; (1) Untuk mengetahui bagaimanakah proses penerapan metode takrir dalam penguatan hafalan al-Qur‟an dan (2) Untuk mengetahui apa sajakah faktor pendukung dan penghambat dalam proses penerapan metode takrir dalam penguatan hafalan al-Qur‟an santriwati di yayasan al-Iman Pondok Pesantren Hidayatullah Kebun Sari Ampenan Kota Mataram tahun 2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data (data display), dan menarik kesimpulan (verifikasi). Pemeriksaan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi, yakni triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode takrir diterapkan dengan empat cara/teknik yakni takrir bersama, takrir sendiri, takrir dalam sholat dan takrir di hadapan guru, hal ini tidak terlepas dari kegiatan tahfidz dan kegiatan tasmi‟. (2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan metode takrir ialah sebagai berikut: faktor pendukung, guru/ustazah yang tegas dan konsisten meskipun jumlahnya terbatas, motivasi dari orangtua dan tempat menghafal yang kondusif, teman yang rajin meskipun sebagain masih ada yang malas dan lingkungan sekitar, Inteligensi yang cukup baik. Adapun faktor penghambat ialah sebagai berikut: Kondisi peserta didik/santriwati yang meliputi malas, rasa ngantuk, melemahnya semangat, kondisi emosional, serta ingatan dan minimnya sumber daya manusia dalam hal ini guru/ustazah serta keterbatasan waktu.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode belajar; metode takrir; pondok pesantren; tasmi' |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 12 Mar 2021 03:52 |
Last Modified: | 18 Mar 2021 00:48 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/287 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |