Fitri Nadia (2021) Strategi komunikasi yayasan rumah yatim kota mataram dalam meningkatkan muzaki tahun 2019. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Fitri Nadia..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (866kB)

Abstract

INDONESIA Lembaga Amil Zakat atau yang biasa disingkat LAZ merupakan lembaga yang dibentuk oleh masyarakat yang memiliki tugas membantu pengumpulan,pendistribusian, dan Pendayagunaan zakat. Saat ini banyak lembaga amil zakat yang tersebasr di Pulau Lombok. Namun, peran lembaga amil zakat tersebut masih banyak yang belum mengetahuinya. Sehingga keberadaan lembaga tersebut harus mampu mencuri perhatian dan kepercayaan masyarat untuk dapat mendelegasikan tugas yang telah diberikan. Selain itu, dalam merubah pola pikir seseorang, lembaga amil zakat harus mampu menyampaikan informasi dengan cara yang berbeda dari lembagalembaga lainnya. Karena semakin kreatif dan inovatif strategi-strategi yang digunakan, maka akan mampu menarik para muzaki atau donator. Berangkat dari kondisi saat ini, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Strategi Komunikasi Yayasan Rumah Yatim Kota Mataram Dalam Meningkatkan Muzaki tahun 2019, (2) Faktor Penghambat Pelaksanaan Strategi Komunikasi Yayasan Rumah Yatim Kota Mataram dalam Meningkatkan Muzaki. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi Komunikasi Yayasan Rumah Yatim Kota Mataram dalam meningkatkan muzaki ada 5, yaitu Open table yang bekerjasama dengan Epicentrum Mall Mataram, 1001 Cinta dan Do’a, Jemput Donasi atau Zakat, Donasi Online Rumah Yatim Untuk Pejuang Kebaikan, dan Kencleng atau Celengan dan Kotak Amal Rumah Yatim. Dimana, dalam proses penyampaikan informasinya, Rumah Yatim Kota Mataram menggunakan komunikasi verbal dan nonverbal. Sedangkan (2) Faktor Penghambat Strategi Rumah Yatim Kota Mataram Dalam Meningkatkan Muzaki ada 2, yaitu hambatan teknis dan prasangka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi; rumah yatim; muzaki; yayasan
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 21 Sep 2022 06:52
Last Modified: 21 Sep 2022 06:52
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2861

Actions (login required)

View Item View Item