Susilawati, Ulan (2020) Hubungan kemampuan menghafal Al-Qur‟An dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’An Hadist kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Putra Al- Ishlahuddiny Kediri. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Ulan Susilawati 160101097_Compressed.pdf Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Menghafal Al-Qur‟an merupakan aktivitas yang dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa, hal ini sejalan dengan pendapat para spesalis dan akademis bahwa menghafal Al-Qur‟an juga memiliki efek untuk meningkatkan keterampilan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara kemampuan menghafal Al-Qur‟an dengan hasil belajar Al-Qur‟an Hadist siswa di Madrasah Tsanawiyah Putra AlIshlahuddiny. Berdasarkan hasil raport kelas VIII MTs Al-Ishlahuddiny diperoleh data bahwa nilai rata-rata hasil UAS mata pelajaran Qur‟an Hadist siswa kelas VIII A dan B MTs putra Al-Ishlahuddiny sudah memenuhi standar minimal KKM yaitu 75 yang sudah ditentukan dari jumlah total kelas yakni 73 orang dan 48 orang yang memiliki hafalan Al-Qur‟an. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan tes Sedangkan analisis data menggunakan analisis statistik koefisien korelasi product moment. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil rhitung sebesar 0,256 dengan nilai rtabel sebesar 0,227 pada taraf signifikan 5% (0,05) dengan N = 75. Dengan demikian, terdapat Hubungan yang signifikan antara Kemampuan Menghafal AlQuran Dengan Hasil Belajar siswa Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadist Di Madrasah Tsanawiyah Putra Al-Ishlahuddiny Kediri Kabupaten Lombok Barat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menghafal; Al-Qur’an; Hasil Belajar; Qur’an Hadist |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H Nabil udin |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 00:25 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 01:12 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2832 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |