Kartika, Dia Sri (2021) Implementasi pembelajaran IPS di masa covid-19 (studi kelas IX di SMPN 3 Kuripan Kabupaten Lombok Barat). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
DIA SRI KARTIKA (160.105.152)_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (741kB)

Abstract

INDONESIA Masalah pendidikan sebenarnya tidak dapat dilepaskan dari masalah ekonomi. Baik secara langsung maupun tidak langsung, kontribusi pendidikan terhadap ekonomi dan pembangunan harus diakui. Dengan demikian, tidak selamanya pendidikan dianggap sebagai kegiatan konsumsi atau pembiayaan. Sudah saatnya, pendidikan harus dipandang sebagai investasi, yang secara jangka panjang dapat memberikan kontribusinya kepada diri pribadi dan juga bisa dirasakan (warisan) untuk anak cucu kita dikemudian hari. Penelitian ini dapat digolongkan ke dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sugiyono dalam bukunya menyatakan bahwa metode kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran IPS pada kelas IX SMPN 3 Kuripan di masa Covid-19 berdasarkan pengamatan peneliti terdapat 4 (empat) strategi, yaitu: 1) Strategi Pembelajaran IPS melalui Online; 2) Strategi Pembelajaran IPS Melalui Google Clasroom; 3) Strategi Pembelajaran IPS Melalui Whatsapp Group; 4) Strategi Pembelajaran IPS Menggunakan LKS. Strategi tersebut senada serta diperkuat oleh teori strategi pembelajaran kontekstual yang menyatakan suatu proses pendidikan yang holistik dan bertujuan memotivasi siswa untuk memahami makna materi pelajaran yang dipelajari dengan mengaitkan materi tersebut ke dalam konteks kehidupan mereka sehari-hari (konteks pribadi, sosial, dan kultural) sehingga siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang secara fleksibel dapat diterapkan dari satu permasalahan ke permasalahan yang lain. 2) Tekhnis evaluasi implementasi pembelajaran IPS pada kelas IX SMPN 3 Kuripan di masa Covid-19 dengan mengadakan pertemuan atau rapat guru beserta kepala sekolah yang dilakukan satu bulan sekali untuk mengevaluasi perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa.. 3) Kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran IPS pada kelas IX SMPN 3 Kuripan di masa Covid-19, yaitu: 1) Kendala Pada Pembelajaran online (kendala koneksi internet); 2) Terkendala Dengan Kurangnya Dukungan SDM, yakni pembelajaran yang dilakukan masih satu arah, guru masih menggunakan pola pikir lama serta kurangnya dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak seperti siswa dan orangtua siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: implementasi; pembelajaran; covid-19
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 21 Sep 2022 00:30
Last Modified: 21 Sep 2022 01:04
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2815

Actions (login required)

View Item View Item