Rohayani, Siti (2018) Pengaruh penggunaan metode socratic circles terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SDN 2 Tanjung Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Fakultar Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
![]() |
Text
SITI ROHAYANI 151139135 .pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahuiPengaruh Penggunaan Metode Socratic Circles Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 2 Tanjung TahunPelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan diSDN 2 Tanjung. Penelitian ini mengguanakan pendekatanjenis kuantitatif. Adapun Populasi dalam penelitian ini seluruh siswayang terdiri dari dua kelas yang keseluruhannya berjumlah 63 siswa. Pada kelas VA berjumlah 33 siswa yang menjadikelas control , sedagkankelas VB menjadikelaseksperimenberjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes untuk mengumpulkan data hasil belajarsiswa, observasi untuk mengumpulkan datakegiatanbelajarsiswadan dokumentasi untuk mengumpulkan datafoto-foto proses pembelajaran yang sedangberlangsung di sekolah. Dari hasil analisis mengguanakan uji t-tes diperoleh hasil nilai t-hitung sebesar 5,93 dan t-tabel=2,00 dengan derajat kebebasan (61) pada taraf signifikan (α) 5 %. Jadi hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan metode Socratic Circles berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 2 Tanjung tahun pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode socratic circles; hasil belajar |
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060114 Systems Biology 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | nur noer nur |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 04:11 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 03:57 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2799 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |