Zahraini, Zahraini (2021) Reorientasi pendidikan Islam tradisional ke modern: studi di Pondok Pesantren Nurul Hakim dan Al-Aziziyah Lombok. Doctoral thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Zahraini 160401011_opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

INDONESIA Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia. Ia lahir dari suatu kearifan lokal yang mampu bertahan selama berabad-abad. Sebagai salah satu lembaga pendidikan, pesantren telah berperan dalam ikut mencerdaskan bangsa. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, pesantren dihadapkan dengan berbagai perubahan sosial sehingga menyebabkan pendidikan di pesantren mengalami perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan perubahan reorientasi pendidikan tradisional ke modern di Pondok Pesantren Nurul Hakim dan al-Aziziyah, Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data menggunakan flow model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan 1) Dalam menghadapi perubahan global, pesantren Nurul Hakim melakukan strategi antara lain refungsionalisasi pesantren, mengembangkan kurikulum yang terintegrasi, melakukan kerjasama dengan lembaga pendidikan dalam dan luar negeri dalam pengembangan bahasa Arab, melakukan pembinaan ketenagaan dan sasaran pokok pembinaan di program pendidikan khusus Nurul Hakim, memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, mengutamakan prinsip ukhuwah islamiyah dan musyawarah mufakat. Sedangkan pesantren al-Aziziyah mengambil strategi yaitu melakukan refungsionalisasi pesantren, mengembangkan kurikulum terpadu, memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, melengkapi sarana dan prasarana pesantren al-Aziziyah, meningkatkan kualitas sumber daya manusia pesantren. 2) Model pendidikan pesantren Nurul Hakim adalah pendidikan formal dengan orientasi penguasaan bahasa asing yaitu bahasa Arab dan Inggris sedangkan pesantren al-Aziziyah pendidikan formal dengan orientasi tahfidz al-Qur‟an. 3) Perubahan orientasi pesantren selain disebabkan tuntutan sosiologis profesionalisme dan kebijakan negara juga disebabkan faktor jaringan keilmuan dan politik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: reorientasi; pendidikan islam; pondok pesantren
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Doktoral Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 13 Sep 2022 04:05
Last Modified: 13 Sep 2022 07:08
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2798

Actions (login required)

View Item View Item