Apriani, Eni (2021) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap motivasi belajar dan keaktifan siswa kelas VIII di Dusun Jerneng. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Eni Apriani 170104082.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap motivasi belajar dan keaktifan siswa kelas VIII di Dusun Jerneg. Untuk mencapai tujuan diatas peneliti menggunakan jenis penelitian quasi exsperiment dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan tehnik insedental. Tehnik pengumpulan data dengan kuesioner, lembar observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji T. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap motivasi belajar dan keaktifan siswa kelas VIII di Dusun Jerneng. Hal ini terlihat dari hasil nilai rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen sebesar 35% sedangkan untuk kelas kontrol 30%, dan untuk keaktifan siswa pada kelas eksperimen 24% sedangkan untuk kelas eksperimen 14%. Sementara itu dari hasil uju-t motivasi belajar dan keaktifan siswa menunjukan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai Sig. (2-tailed) yang diperoleh lebih kecil dari = 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; inkuiri terbimbing; motivasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:28
Last Modified: 29 Jul 2022 02:28
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2714

Actions (login required)

View Item View Item