Ropiah, Isnaini (2021) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) fisika melalui pendekatan saintifik untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA pada materi fluida. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Isnaini Ropiah 170108029_opt.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
INDONESIA Berdasarkan hasil observasi, proses pembelajaran fisika masih berfokus kepada guru yang berperan dominan dalam pembelajaran. Metode tersebut membuat peserta didik menjadi pasif serta tidak membangun pemahaman dan kemampuan berpikirnya . Dengan demikian, diperlukan media pembelajaran yang mampu membuat peserta didik belajar secara mandiri serta dapat mengembangkan cara berpikir dan pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kelayakan produk LKPD yang dikembangkan 2) untuk mengetahui kemenarikan produk LKPD, dan 3) untuk mengetahui keefektifan produk LKPD yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) menggunakan model pengembangan Borg and Gall dalam 5 tahap yaitu tahap analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan, revisi produk, uji coba lapangan dan revisi akhir. Produk. LKPD divalidasi oleh ahli dan diujikan ke kelas XI IPA SMAN 10 Mataram. Data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Produk LKPD yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fluida statis bagi peserta didik SMA kelas XI berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media 2) Hasil angket respon peserta didik terhadap produk LKPD dari aspek ketertarikan diperoleh persentase nilai sebesar 87,5 % dengan kategori sangat tertarik 3) Bedasarkan hasil pretes dan posttes yang meningkat signifikan dari nilai rata rata 24,4% dan 84,88% dan untuk kemampuan berpikir kritis peserta didik diperoleh rata-rata 30,91% dan 88, 72%. Berdasarkan hal ini maka LKPD yang dikembangkan efektif digunakan dalam melatih berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media belajar; pendekatan saintifik; lembar kerja peserta didik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Fisika |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 05:55 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 05:55 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2708 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |