Hafiz, Abdul (2021) Pengembangan media video pembelajaran dengan pendekatan induktif pada materi kalor di kelas X MA. Putra Al-Ishlahuddiny. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Abdul Hafiz 170108017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian yang telah dilakukan ini bertujuan untuk membantu peserta didik untuk memahami materi-materi yang diberikan oleh guru dengan menggunakan media video. Peneliti ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan metode penelitian Reseach and Development ( R&D ). Model penelitian Borg ang Gall yang telah di modifikasi oleh sugiono meliputi tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, uji coba produk, dan revisi produk. Sumber data pada penelitian ini adalah data penelitian validasi yang di berikan oleh 8 validator, yang dimana terdiri dari 6 orang dosen, 2 orang guru dan 2 peserta didik. Dimana 2 orang dosen ahli media, 2 orang dosen materi, 2 orang dosen validasi RPP, dan 2 orang guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dengan menggunakan persentase keidealan. hasil penelitian berdasarkan hasil validasi ahli materi 88,89 Validasi ahli media 83,75 , validasi guru fisika diperoleh sebanyak 91,95% , validasi RPP diperoleh sebanyak 90%, hasil respon peserta didik diperoleh sebanyak 227,8%. Hasil akhir nilai media video pembelajaran fisika dari semua aspek dikategorikan layak atau valid untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media video; pendekatan induktif; media belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Fisika
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 25 Jul 2022 02:30
Last Modified: 25 Jul 2022 02:30
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2702

Actions (login required)

View Item View Item