Ahyani, Nurul (2013) Peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan media torso pada mata pelajaran IPA pokok bahasan pernapasan pada manusia. Undergraduate thesis, IAIN Mataram.

[img]
Preview
Image
Nurul Ahyani 151089087.tif - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview
[img] Text (Rekap Pembimbing Satu Skripsi)
Rekap Sebagai Pembimbing Satu Skripsi.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (230kB)

Abstract

INDONESIA Proses belajar mengajar atau proses pembelajaran merupakan suatu kegiatan melaksanakan kurikulum suatu lembaga pendidikan , agar dapat mempengaruhi para siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pasti penggunaan media torso dapat memberi peningkatan hasil belajar siswa kelas V MI NW Rumbuk Lombok Timur pada mala pelajaran IPA pokok bahasan Pernapasan pada manusia Tahun Pelajaran 2012/2013 . Penelitian ini dilaksanakan di MI NW Rumbuk Lombok Timur . Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 21 orang . Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus . Data aktivitas mengajar guru dan data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi , sedangkan data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda dan instrument dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data yang ada disekolah berupa arsip - arsip sekolah . Data - data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis data ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal untuk memperoleh persentase ketuntasan belajar siswa . Setelah dianalisis hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I tingkat penguasaan materi mencapai rata - rata sebesar 79,04 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 76,19 % ( kategori kurang aktif ) dan pada siklus II mencapai rata rata sebesar 82,85 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 85,71 % ( kategori aktif ) . Dengan melihat ketuntasan pada siklus II , maka dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar siswa telah tercapai , dengan demikian dapat diambil suatu kesimpulan bahwa penggunaan media torso dapat memberi peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada pokok bahasan pernapasan pada manusia dapat dikatakan tuntas . Hal ini dapat dilihat dari nilai ketuntasan yang telah ditetapkan disekolah yaitu siswa dikatakan tuntas apabila mencapai nilai 265 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 85 %

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; media belajar; media torso
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 09 Jun 2022 07:05
Last Modified: 10 Jun 2022 08:05
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2617

Actions (login required)

View Item View Item