Andayani, Yusupul (2015) Peningkatan motivasi belajar siswa melalui penggunaan media gambar pada mata pelajaran fiqih kelas IV di MI NW Johar Pelita Jatisela Lombok Barat Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Mataram.
![]() |
Text
Yusupul Andayani 151119237_opt.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
![]() |
Text
Rekap Sebagai Pembimbing Satu Skripsi.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (230kB) |
Abstract
INDONESIA Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Penggunaan Media Gambar pada Mata Pelajaran Fiqih Pokok Bahasan Zakat Fitrah Kelas IV di MI NW Johar Pelita Jatisela Lombok Barat Tahun Pelajaran 2015/2016 . Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang yang terdiri dari 15 laki - laki dan 7 perempuan . Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahap tindakan , yaitu tahap perencanaan , pelaksanaan , pengamatan , dan refleksi . Instrument yang digunakan di dalam penelitian ini adalah lembar observasi , tes , angket , dan dokumentasi . Data yang dikumpulkan ada dua , yakni , data kualitatif dan data kuantitatif . Data kualitatif diperoleh melalui kegiatan observasi proses pembelajaran menggunakan lembar observasi aktiviitas guru dan siswa sedangkan data kuantitatif diperoleh menggunakan angket dan instrumen tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda . Data - data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis data ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal untuk memperoleh persentase ketuntasan belajar siswa . Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa melalui penggunaaan media gambar berdasarkan perolehan angket yaitu pada siklus I diperoleh nilai sebesar 73,52 % . Sedangkan pada siklus II nilai yang diperoleh meningkat menjadi 81 % , jadi pada siklus II terjadi peningkatan motivas : belajar siswa pada mata pelajaran fiqih sebesar 7,48 % . Dengan melihat hasi tersebut pada siklus II , maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gamba pada mata pelajaran fiqih dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV Mi NW Johar Pelita Jatisela Lombok Barat Tahun Pelajaran 2015/2016 .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar; media belajar; media gambar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 05:39 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 02:59 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2612 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |