Wulandari, Sri (2021) Analisis pelaksanaan pembelajaran daring pada siswa kelas V SDN 41 Ampenan Jempong Timur Tahun Ajaran 2021-2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Sri Wulandari 170106217.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
![]() |
Text (Rekap Pembimbing Satu Skripsi)
Rekap Sebagai Pembimbing Satu Skripsi.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (230kB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring di SDN 41 Ampenan dan untuk mengetahui hambatan terhadap pelaksanaan pembelajaran daring di SDN 41 Ampenan Jempong timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas V dan peserta didik kelas V. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan data peneliti menggunakan trianggulasi sumber, triggulasi teknik, dan triggulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring dilaksanakan menggunakan aplikasi whatsapp untuk berkomunikasi dengan peserta didik dan orang tua, peserta didik diarahkan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar daring mengunakan aplikasi whatsapp dan zoom dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru menggunakan media berupa video pembelajaran yang di upload dan dibagikan melalui grup whatsapp, penggunaan media pembelajran ini bertujuan untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan.Sedangkan yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran daring adalah keterbatasan, saranan dan prasarana yang kurang memadai, akses Internet yang terbatas, kurang siapnya penyediaaan anggaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode belajar; metode daring; guru; kepala sekolah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 03:53 |
Last Modified: | 10 Jun 2022 08:57 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2600 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |