Sonah, Sonah (2018) Pengaruh media diorama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V MI Haqqul Yaqin NW Sayang Sayang Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Sonah 151149202.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)
[img] Text (Rekap Pembimbing Satu Skripsi)
Rekap Sebagai Pembimbing Satu Skripsi.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (230kB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MI Haqqul Yaqin NW Sayang Sayang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif jenis One-Group Pretest-Posttes Design yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Haqqul Yaqin NW Sayang Sayang yang berjumlah 16 siswa. Penelitian ini menggunakan satu kelas dengan sampel berpasangan. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil pretest-posttest dan dokumentasi. Hasil pretest diambil nilai rata-ratanya kemudian dilakukan analisis data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V MI Haqqul Yaqin NW Sayang Sayang tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (t-hitung > t-tabel) dengan thitung = 21,97 > t-tabel = 2,94, sehingga (Ha) yang berbunyi ada pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V MI Haqqul Yaqin NW Sayang Sayang Tahun Pelajaran 2017/2018 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media belajar; media diorama; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 09 Jun 2022 03:49
Last Modified: 10 Jun 2022 08:51
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2599

Actions (login required)

View Item View Item