Hartina, Hartina (2019) Peningkatan hasil belajar melalui media gambar dan kartu kata pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhtiar Jeruju Kecamatan Praya Tengah tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Hartina 151139235..pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
![]() |
Text (Bukti fisik bimbingan utama)
REKAPAN BIMBINGAN SKRIPSI FIX (1).pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (145kB) |
Abstract
INDONESIA Berdasarkan observasi awal tanggal 1 Februari 2018 yang dilakukan peneliti di kelas II Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhtiar Jeruju, peneliti menemukan masih banyak siswa yang mendapatkan nilai rendah pada mata• pelajaran bahasa indonesia.Untuk mengatasi permasalahan siswa agar hasil belajar bahasa indonesia dapat mencapai KKM, guru harus memperhatikan faktor internal dan eksternal. peran seorang guru yang profesional dibutuhkan agar tujuan pembelajaran tercapai. Adapun langkah- langkah yang dapat diambil oleh seorang guru dalam mencapai tujuan pembelajaran adalah penggunaan media Media gambar dan kartu kata merupakan media yang dapat di gunakan pada pelajaran bahasa indonesia di kelas rendah. Sebab, sebagaimana yang kita ketahui bahwa pelajaran bahasa indonesia di kelas rendah lebih mudah dipahami jika diperoleh melalui interaksi sosial dengan mengalami secara nyata dalam situasi yang menyenangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dimana dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun tes yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda, obsevasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data kuantitatifdan kualitati[ Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan dari hasil observasi keterlaksanaan RPP siklus I dengan persentase 73% untuk guru, dan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yaitu pada siklus I dengan rata-rata 75 meningkat menjadi 88,5 ini berarti terjadi peningkatan rata-rata kelas sebesar 13 dan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 65% sedangkan pada siklus II ketuntasan klasikal mencapai 90% ini berarti peningkatan ketuntasan klasikal pada siklus I ke siklus II sebesar 25%. Ketuntasan klasikal yang dicapai pada siklus II telah melebihi indikator ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yaitu 85%. 16:36
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | evaluasi hasil belajar; media pembelajaran; teknik belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Rifqy Rosi Mulyadi |
Date Deposited: | 07 Jun 2022 08:45 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 08:13 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2570 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |