Muslehuddin, Muslehuddin (2020) Metode punishment dan reward untuk pembinaan moral siswa melalui kegiatan imtaq di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Lombok Timur. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Muslehuddin 180401023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] Text (Bukti fisik bimbingan utama)
REKAPAN BIMBINGAN SKRIPSI FIX (1).pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (145kB)

Abstract

INDONESIA Kemerosotan moral dapat terjadi apabila pada diri seseorang mengalami kekeringan jiwa dari nilai-nilai spiritual, jauh dari ajaran agama. Seperti: perkelahian atar teman, melanggar tatat tertib madrasah, dan lain scbagainya. Nilai-nilai moral yang tidak didasarkan pada agama akan terus berubah scsuai dengan kcadaan, waktu dan tempat. llal inilah yang terjadi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Lombok Timur. Adapun permasalahan pada pcnelitian ini sebagai berikut: (l) Bagaimana Pelaksanaan Kegiatan Imtaq di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Lombok Timur dalam Rangka Pembinaan Moral Siswa Tahun Ajaran 2019/2020? (2) Bagaimana Implementasi Metode Punishment dan Reward dalam rangka Pembinaan Moral Siswa Melalui Kegiatan Imtaq di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Lombok Timur Tahun Ajaran 2019/2020? Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dan teknik pengumpulan data sebagai berikut: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian terhadap penerapan punishment dan rewrad untuk pembinaan moral siswa melalui kegiatan imtaq di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Lombok Timur Tahun Ajaran 2019/2020. (l) Pelaksanaan kegiatan imtaq di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Lombok Timur dapat membina moral siswa, meningkatkan kedisiplinan, jika diterapkan dengan Frencanaan yang baik diantaranya: menyusun program kegiatan pelaksanaan kegiatan imtaq dan dilakukan secara bersama-sama, (2) Implementasi metode punishment dan reward, metode efektif diterapkan pada kegiatan imtaq. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan data yang ril sebelum diterapkannya metode ini, banyak diantara siswa yang mencerminkan hal-hal yang mclanggar tata tertib madrasah seperti: perilaku siswa yang sering terlambat, tidak rapi. perkelahian antar teman. Namun setelah diterapkan metode ini hal ini tidak terjadi Iagi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pembinaan moral; metode punishment dan reward; imtaq
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ateja Yudhi Septian
Date Deposited: 07 Jun 2022 08:52
Last Modified: 08 Jun 2022 08:19
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2569

Actions (login required)

View Item View Item