Muslehuddin, Muslehuddin (2020) Metode punishment dan reward untuk pembinaan moral siswa melalui kegiatan imtaq di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Lombok Timur. Masters thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Muslehuddin 180401023.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
![]() |
Text (Bukti fisik bimbingan utama)
REKAPAN BIMBINGAN SKRIPSI FIX (1).pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (145kB) |
Abstract
INDONESIA Kemerosotan moral dapat terjadi apabila pada diri seseorang mengalami kekeringan jiwa dari nilai-nilai spiritual, jauh dari ajaran agama. Seperti: perkelahian atar teman, melanggar tatat tertib madrasah, dan lain scbagainya. Nilai-nilai moral yang tidak didasarkan pada agama akan terus berubah scsuai dengan kcadaan, waktu dan tempat. llal inilah yang terjadi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Lombok Timur. Adapun permasalahan pada pcnelitian ini sebagai berikut: (l) Bagaimana Pelaksanaan Kegiatan Imtaq di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Lombok Timur dalam Rangka Pembinaan Moral Siswa Tahun Ajaran 2019/2020? (2) Bagaimana Implementasi Metode Punishment dan Reward dalam rangka Pembinaan Moral Siswa Melalui Kegiatan Imtaq di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Lombok Timur Tahun Ajaran 2019/2020? Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dan teknik pengumpulan data sebagai berikut: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian terhadap penerapan punishment dan rewrad untuk pembinaan moral siswa melalui kegiatan imtaq di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Lombok Timur Tahun Ajaran 2019/2020. (l) Pelaksanaan kegiatan imtaq di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Lombok Timur dapat membina moral siswa, meningkatkan kedisiplinan, jika diterapkan dengan Frencanaan yang baik diantaranya: menyusun program kegiatan pelaksanaan kegiatan imtaq dan dilakukan secara bersama-sama, (2) Implementasi metode punishment dan reward, metode efektif diterapkan pada kegiatan imtaq. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan data yang ril sebelum diterapkannya metode ini, banyak diantara siswa yang mencerminkan hal-hal yang mclanggar tata tertib madrasah seperti: perilaku siswa yang sering terlambat, tidak rapi. perkelahian antar teman. Namun setelah diterapkan metode ini hal ini tidak terjadi Iagi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembinaan moral; metode punishment dan reward; imtaq |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ateja Yudhi Septian |
Date Deposited: | 07 Jun 2022 08:52 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 08:19 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2569 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |