Fazriani, Laela (2013) Penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang studi Qur'an Hadist pokok bahasan hukum Nun Sukun di Kelas V (Lima) MI Nurul Qur'an Pagutan Mataram Tahun Pelajaran 2013-2014. Undergraduate thesis, IAIN Mataram.

[img] Text
Laela Fazriani_151091021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[img] Text (Bukti Bimbingan Utama)
REKAPAN BIMBINGAN SKRIPSI FIX.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (145kB)

Abstract

INDONESIA Proses belajar mengajar atau proses pembelajaran merupakan kegiatan melaksanakan kurikulum pada suatu lembaga pendidikan agar dapat mempengaruhi para siswa mencapai tujuan yang ditetapkan. Secara umum proses pembelajaran di sekolah berlangsung terpusat pada guru sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang studi Qur'an Hadist pokok bahasan Hukum Nun Sukun di kelas V MI Nurul Qur'an Pagutan Mataram tahun pelajaran 2013/2014. Jumlah siswa yang diteliti adalah sebanyak 17 orang. Adapun penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, pada siklus I menunjukkan bahwa rata-rata skor prestasi siswa adalah 73,23 dengan standar ketuntasan adalah 41,17 % mengalami peningkatan pada siklus II yaitu rata-rata skor prestasi siswa 80,58 dengan standar kelulusan adalah 88,23 %. Adapun aktivitas siswa diperoleh pada siklus I yaitu presentase rata-rata skomya adalah 58,33% dengan kriteria baik mengalami peningkatan pada siklus II yaitu menjadi 81,66% dengan kriteria sangat aktif. Sedangkan aktivitas guru diperoleh pada siklus I yaitu presentase rata-rata skornya adalah 73,33 % dengan kategori terlaksana baik, mengalami peningkatan pada siklus II yaitu menjadi 93,33 % dengan kategori terlaksana sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang studi Qur'an Hadist pokok bahasan Hukum Nun Sukun di kelas MI Nurul Qur'an Pagutan Mataram tahun pelajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: demonstrasi; prestasi belajar; al-qur'an
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ateja Yudhi Septian
Date Deposited: 06 Jun 2022 08:56
Last Modified: 08 Jun 2022 07:55
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2526

Actions (login required)

View Item View Item