Chaerudin, Chaerudin (2014) Upaya peningkatan profesionalisme guru agama dalam meningkatkan kualitas belajar Siswa di SDN 4 Wanasaba Lombok Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, IAIN Mataram.
![]() |
Text
Chaerudin_15111120006.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
![]() |
Text (Bukti fisik bimbingan utama)
REKAPAN BIMBINGAN SKRIPSI FIX (1).pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (145kB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru agama dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di SDN 4 Wanasaba Kecamatan Wanasaba Lombok Timur diketahui bahwa sistem pendidikan di SDN 4 Wanasaba tersebut masih mengedepankan pola pendidikan lama dalam mengajar pendidikan agama di SDN 4 Desa Wanasaba Kecamatan Wanasaba yakni tidak memenuhi syarat sebagai guru agama yang profesionalisme. Dalam meningkatkan Profesionalisme guru agama Peneliti menulis upaya apa saja yang dilakukan dalam mengkatkan serta kendala-kendala apa yang dihadapi dalam meningkatkan profesionalisme guru agama tersebut. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Narasumber yang peneliti libatkan dalam penelitian ini adalah 2 (dua) orang yang terdiri dari guru mata pelajaran agama, wakasek kurikulum, kepala sekolah, dan satu orang tenaga kependidikan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kendala-kendala yang dihadapi guru dalam peningkatan kualitas belajar siswa yang memiliki karakteristik yang beranekaragam, kurang mendukungnya sarana dan media dalam pembelajaran, kurangnya daya inovasi guru yang lebih senang melakukan tugas sebagaimana biasa dilakukan dari waktu kewaktu, dan kurangnya motivasi guru dalam mengoptimalkan penerapan KTSP. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah Agar Sekolah yang bersangkutan berusaha mengembangkan wadah-wadah secara efektif dalam meningkatkan kompetensi guru agamanya disamping mencari alternatif lain yang tepat, karena dengan demikian akan membantu para guru agama di lingkungan pendidikannaya yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas output nya, dan bagi peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan memperluas pembahasan maupun memperdalam kajian, agar penelitian ini lebih mengungkapkan fakta-fakta yang akan menjadi jadi sumber informasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | profesional; kualitas belajar; guru agama |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ateja Yudhi Septian |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 08:17 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 03:06 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2523 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |