Lilinda Juwita, Denda Novi (2017) Pengaruh pembelajaran aktif dengan metode Everyone Is A Teacher Here (EITH) terhadap daya ingat dan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah kelas VIII Mts Fathurrahman Jeringo Gunungsari tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Denda Novi Lilinda 151135058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran aktif dengan metode Everyone Is A Teacher Here (EITH) terhadap daya ingat dan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah kelas VIII MTs Fathurrahman Jeringo Gunungsari tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan oleh peneliti ada tiga yaitu tes hasil belajar, tes daya ingat dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji-t yang bertujuan untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh data daya ingat siswa yakni dengan rata-rata kelas eksperimen sebesar 90,54 sedangkan kelas kontrol sebesar 55,28. Kedua data tidak terdistribus normal dan memiliki dua varians yang tidak sama, sehingga hasil uji t untuk daya ingat diperoleh 8,01. Dengan tingkat signifikansi (5%) maka diperoleh ttabel = 2,064 < thitung = 8,01. Hasil belajar siswa yakni rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 93,88 dan rata-rata kelas kontrol adalah73,68. Kedua data terdistribusi normal dan mempunyai dua varians yang sama. Dengan tingkat signifikansi 5%, serta banyaknya siswa pada kelas eksperimen = 25 dan kelas kontrol = 25 maka diperoleh ttabel = 2,064. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh nilai thitung = 6,548 > ttabel= 2,064. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran aktif dengan metode Everyone Is A Teacher Here (EITH) terhadap daya ingat dan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah kelas VIII MTs Fathurrahman Jeringo Gunungsari tahun pelajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: everyone is a teacher here; hasil belajar; pembelajaran; sistem peredaran darah; eith
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060114 Systems Biology
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130209 Medicine, Nursing and Health Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ika Merdeka Wati
Date Deposited: 16 Jun 2021 03:28
Last Modified: 16 Jun 2021 03:28
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item View Item