Idayatussuhur, Idayatussuhur (2018) Peningkatan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA di kelas II MI NW Taman Pagesangan Kota Mataram tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Idayatussuhur 151129167_opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)
[img] Text (Rekap Pembimbing Satu Skripsi)
Rekap Sebagai Pembimbing Satu Skripsi.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (230kB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pemanfataan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA di Kelas II Ml NW Taman Pagesangan Kota Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara guru dan obsever. Penilitian ini meliputi empat tahap yaitu, perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jenis instrumen yang digunakan adalah berbentuk lembar observasi guru dan siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif untuk menentukan ketuntasan individual dan ketuntasan kelasikal. Hasil penelitian menujukan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa, ini bisa dilihat dari perolehan nilai siswa. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 73, 88 dengan presentasi ketuntasan klasikal 55,55% dan siklus II nilai rata-ratanya 86, 66 dengan presentasi klasikal mencapai 88,88%. Ketuntasan aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 2,21 dengan kategori cukup aktif dan aktivitas guru mencapai 2.45 dengan kategori baik, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa mengalami peningkatan mencapai 2.92 dengan kategori aktif dan aktivitas guru mencapai 3.14 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dapat diketahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas II MI NW Taman Pagesangan Tahun Pelajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media belajar; lingkungan; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 03 Jun 2022 06:27
Last Modified: 10 Jun 2022 08:55
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2478

Actions (login required)

View Item View Item