Im’ani, Husni (2016) Peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) pada mata pelajaran matematika kelas V materi pokok operasi hitung pecahan di MI Al-Ittihadul Islamiyah tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Husni Im’ani 151129247.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[img] Text (Rekap Pembimbing Satu Skripsi)
Rekap Sebagai Pembimbing Satu Skripsi.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (230kB)

Abstract

INDONESIA Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Numbered Head Togetherpada mata pelajaran Matematika Kelas V materi pokok operasi hitung pecahan di MI Al-Ittihadul Islamiyah Tahun Pelajaran 2015/2016.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 33 siswa di MI Al-Ittihadul Islamiyah Tahun Pelajaran 2015/2016 yang dilaksanakan dari tanggal 25 april s/d 5 mei 2016. Untuk siklus pertama dan tanggal 25-27 April 2016. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Adapun data yang akan dianalisis dalam penelitian ini, peneliti menggunakan soal essay untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang diberikan diakhir setiap siklus. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 67,30 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 50% dan pada siklus II sebesar 78,62dengan persentase ketuntasan klasikal 86,20%, dengan demikian terdapat peningkatan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa sebesar 36,20% dari siklus I dan II pada siswa kelas V MI Al-Ittihadul Islamiyah Tahun Pelajaran 2015/2016. Dengan demikian penggunaan model pembelajaranNumbered Head Togetherdapat meningkatakn hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas V MI Al-Ittihadul Islamiyah Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; numbered head together; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 03 Jun 2022 04:27
Last Modified: 10 Jun 2022 08:24
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2475

Actions (login required)

View Item View Item