Salsabila, Erma (2021) Implementasi teknologi informatika dalam pembelajaran di MI Muhammadiyah Labuan Terujung Kecamatan Tarano Kabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Erma salsabila 160106092.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA Teknologi informasi adalah teknologi untuk membantu siswa dalam membuat,mengubah,menyimpan, mengomunikasikan dan menyebarkan informasi yang bertujuan untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas, dan efesiensi dalam aktifitas manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi teknologi informatika dalam pembelajaran di MI Muhammadiyah Labuan Terujung kecamatan tarano kabupaten sumbawa Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Dengan tekhnik pengumpulan data yang digunakan observasi non-partisipatif, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengecekan data, peneliti menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi teknologi informasi dalam pembelajaran menggunakan aplikasi WhatsApp melalui handphone dengan ragam aktivitas antara lain mengirim pesan-pesan materi pembelajaran dan tugas melalui aplikasi WhatsApp yang ada di handphone, membantu siswa untuk mendapatkan informasi tentang pembelajaran dengan cara browsing, pembelajaran juga bisa dilakukan melalui video call. Adapun kendala dan solusi implementasi teknologi informasi dalam pembelajaran adalah (1) masalah penilaian,guru tidak bisa menggunakan penilaian kurikulum 2013 secara maksimal. Solusi dari penilaian ini yaitu mengubah tekhnik penilaian dari yang awalnya menggunakan kurukulum 2013 secara maksimal dan sekarang guru merubah tekhnik penilaian dengan cara mengambil nilai melalui penugasan dalam bentuk soal, gambar ataupun video yang dikirim melalui pesan-pesan. (2) kurangnya pengawasan dalam pembelajaran, guru tidak bisa melakukan pengawasan secara langsung atau tatap muka. solusi dari kurangnya pengawasan ini adalah guru berinisiatif mengubah aplikasi whatshapp yang digunakan dengan aplikasi zoom metting untuk melakukan pengawasan dengan cara video call.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teknologi informatika; media belajar; kreativitas |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 03:13 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 03:13 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2330 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |