Anshari, Muhammad (2020) Pengaruh media gambar untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas dua pondok pesatren Nurul Haramain NW Putra Narmada Lombok Barat. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Muhammad Anshari 190406010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA Media Pengajaran merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam proses belajar mengajar, karena eksistensinya mampu memberikan pengaruh yang sangat besar dalam upaya membangkitkan dan memusatkan perhatian para siswa pada pelajaran, menambah pengalaman belajar dan meningkatkan motivasi mereka sekaligus menjadikan mereka betul-betul siap menerima pelajaran. Pengajaran Bahasa Arab di pondok pesantren Nurul Haramain Nw Putra Narmada - menurut pengamatan peneliti - masih belum berjalan dengan efektif karena masih dijumpainya beberepa persoalan penting di antaranya, belum adanya media yang sesuai dengan methode langsung, guru lebih banyak menghabiskan waktu pelajaran yang tersedia untuk mencatat materi pelajaran yang pada akhirnya para siswa merasa bosan, malas dan kurang antusias dalam menerima pelajaran. Oleh karena itu, menghadapi permasalahan-permasalahan serupa, maka menjadi suatu keniscayaan bagi guru untuk dapat menuangkan inovasi dan kreativitasnya guna menciptakan media pengajaran yang lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan sehingga dapat menciptakan proses belajar mengajar yang lebih efektif dan menyenangkan, salah satunya melalui penggunaan gambar sebagai media pengajaran. Rumusan Masalah : "Apakah media gambar berpengaruh untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas dua Pondok Pesantren Nurul Haramain Nw Putra Narmada Lombok Barat?". Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis design Posttest Only Nonequivalent Control Group Design dengan pendekatan kuantitatif, dan dalam penelitian ini terdiri dari 3 tahap ; (1) tahap persiapan, adapun tahan persiapan meliputi yaitu: observasi, melakukan uji homogenitas, penarikan sample, Penyusunan rencana pengajaran, Menyusun instrumen penelitian dan validasi instrumen (2) Tahap pelaksanaan, (3) Tahap akhir, adapun tahan akhir meliputi yaitu :Mengolah data hasil post-test, Menganalisis dan membahas hasil penelitian, Pelaporan hasil penelitian. Populasi dari pelitian ini adalah siswa kelas II Aliyah Pondok Pesatren Nurul Haramain NW Putra Naramada Lombok Barat, populasi target pada penelitian ini berjumlah 114 siswa, adapun poulasi terjangkau berjumlah 39 siswa, dan sample pada penelitian ini adalah siswa kelas II Aliyah dari jurussan Bahasa 1 berjumlah 20 siswa sebagai kelas ekperimen, dan siswa kelas II Aliyan dari jurusan Bahasa 2 berjumlah 19 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini adalah Dari hasil uji-T diperoleh bahwa hasil perhitungan diperoleh dan dengan taraf signifikansi 5%. Karena maka H0 ditolak. Karena H0 ditolak maka dapat disimpulkan bahwa , artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan media gambar dalam pembelajaran keterampilan berbicara lebih tinggi dari kelas kontrol yang tanpa mengunakan media gambar dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Dari kesimpulan tersebut dapat diperoleh bahwa pengunaan media gambar berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berbicara Siswa kelas II Pondok Pondok Pesatren Nurul Haramain NW Putra Naramada Lombok Barat Tahun Ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode belajar; media belajar; media gambar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021410 Wasa'il wa Tiknulujia al-Ta'lim (Educational Media & Technology) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 02:01 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 02:01 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2284 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |