Mujaddid, Khaerul (2021) Peran guru dalam pembelajaran keterampilan berbahasa pada kelas IX di madrasah tsanawiyah “Nurul Haromain” Putra, Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat TP- 2019 – 2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Khaerul Mujaddid 1501020172.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam pembelajaran Maharotul Kalam/keterampilan berbahasa siswa kelas IX di madrasah tsanawiyah “Nurul Haromain” putra, Kecamatan Narmada Kabupaten lombok barat, TP- 2019 – 2020 Adapun jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian Kualitatif, yang kemudian menghasilkan data deskriptif tentang pemahaman dan dokumen untuk menganalisa penelitian. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang mendeskripsikan penelitian dalam bentuk kata-kata dan bahasa seseorang serta data yang ditemukan oleh peneliti pada lokasi penelitian. Dan metode penumpulan data yang digunakan adalah antara lain adalah; metode Wawancara, metode Observasi dan metode Dokumentasi. Dan adapun hasil penelitian menunjukkan : Metode yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran keterampilan berbicara adalah metode Mubasyaroh/langsung, dan metode ini bertujuan agar siswa mampu mengungkapkan pikiran mereka kedalam bahasa arab. Disamping itu juga peneliti meneliti tentang bagaimana peran guru dalam pembelajaran keterampilan berbahasa Di MTs. Nurul Haromain kecamatan naramada kabupaten Lombok Barat, diantaranya ; Guru sebagai fasilitator, yang memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran dan membantu didalam memahami yang sulit dan guru juga memberikan pembelajaran diluar kelas untuk materi-materi yang belum difahami. Guru juga sebagai Motivator yang senantiasa memberikan motivasi serta dorongan kepada peserta didik untuk mencintai ilmu, terus belajar, terus memotivasi siswa agar berani untuk menggunakan bahasa arab serta banyak mempraktikkan bahasa arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbahasa arab; maharotul kalam; guru; metode mubasyaroh atau langsung
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 14 Mar 2022 12:56
Last Modified: 14 Mar 2022 12:56
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2278

Actions (login required)

View Item View Item