Murti, Warni (2017) Penggunaan media visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI Kelas V SDN Mertak Kesambik Desa Beber Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Warni Murti 15113120030.pdf

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Guru PAI dituntut untuk lebih kreatif memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yang akan disajikan kepada siswa. Berdasarkan survei awal bahwa di SDN Mertak Kesambik Desa Beber Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah dalam menggunakan metode dalam proses belajar mengajar itu masih menggunakan metode ceramah. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa pada pelajaran PAI nilai rata-rata 60. Jadi perlu dicarikan solusi yang tepat Pembelajaran menggunakan media visual merupakan alternatif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI pada kelas V SDN Mertak Kesambik. Adapun rumusan masalah "Bagaimanakah Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata V SDN Mertak Kesambik Desa Beber Kecamatan APA Kelan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Metodologi penelitian adalah menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa menggunakan media visual. Penelitian adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa menggunakan media visual. Penelitian ini dilaksanakan dalam penelitian. tindakan kelas terdiri dari dua siklus yang memuat tahap, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Mertak Kesambik Desa Beber Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah yang terdiri dari 37 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang diberikan setiap berakhimya siklus belajar mengajar, lembar observasi yang digunakan untuk memperoleh gambaran langsung tentang kegiatan belajar mengajar PAI menggunakan media visual data yang didapatkan di analisis dengan menggunakan analisis ketuntasan belajar sebagai indikator penelitian adalah adanya peningkatan rata-rata skor hasil belajar siswa dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkaan rata-rata skor hasil belajar siswa yaitu pada siklus I 68.78 dengan persentase ketuntasan 70,27%, pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa yakni 85,13 dengan prosentase ketuntasan 95%. Nilai ini telah memenuhi standar yang ditentukan, sehingga dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Media Visual dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas V SDN Mertak Kesambik Desa Beber Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; media visual; hasil belajar; media belajar
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1203 Design Practice and Management > 120307 Visual Communication Design (incl. Graphic Design)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ateja Yudhi Septian
Date Deposited: 23 Apr 2021 02:03
Last Modified: 23 Apr 2021 02:03
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/226

Actions (login required)

View Item View Item