Aziz, Fathul (2021) Pelaksanaan metode al-qiyasi dalam pembelajaran nahwu dikelas satu pada pondok pesantren Hikmatusysyarief NW Salut Lombok Barat Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Fathul Aziz 170102054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Peneliti membahas tentang pelaksanaan metode Al-Qiyasi dalam pembelajaran nahwu dikelas satu pada pondok pesantren hikmatusysyarief NW Salut Lombok Barat.Latar belakang penelitian ini karena pondok pesantrenHikmatusysarief NW Salut fokus pembelajaran nahwu dengan menggunakan berbagai metode diantaranya Metode Al-Qiyasi dalam pembelajaran Nahwu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode Al-Qiyasi dalam pembelajaran nahwu di kelas pada Pondok Pesantren Hikmatusysyarief NW Salut serta permasalahan apa saja dalam pelaksanaanya. Metode penenilitan yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif deskripsi. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan tiga cara yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.Dan analisis data peneliti menggunakan analisis deskripsi. Hasil penelitian ini, peneliti menunjukan bahwa pelaksanaan metode Al-Qiyasi dalam pembelajaran Nahwu, pertama guru menjelaskan Qawa’id nahwu kedua guru memberikan contoh yang berkaitan dengan Qawa’id kemudian guru menyimpulkan ringkasan materi pembelajaran dan terakhir guru memberikan latihan. Adapun permasalahannya,bagian siswa : tidak ada semangat dalam belajar, bagian guru : kurang prasarana dalam pembelajaran dan bagian metode : siswa hanya jadi pendengar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; metode al-qiyasi; pembelajaran nahwu
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 10 Mar 2022 04:25
Last Modified: 10 Mar 2022 04:25
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2259

Actions (login required)

View Item View Item