Peran guru akidah akhlak dalam menanggulangi tindakan indisipliner siswa Di MA Hidayatussibyan Nw Sengkerang Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018”

Pahmi, Zaenul (2017) Peran guru akidah akhlak dalam menanggulangi tindakan indisipliner siswa Di MA Hidayatussibyan Nw Sengkerang Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Zainul Pahmi 151121075_Compressed.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru adalah sosok motivator dalam memberikan ilmu pengetahuan kepada siswanya dan dijadikan tauladan/contoh yang baik bagi siswa-siswanya, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Guru merupakan komponen yang paling penting dan menjadi kunci utama keberhasilan dalam mencapai tujuan di lembaga pendidikan. Adapun peran guru dalam menanggulagi siswa bermasalah di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang yaitu: Memberikan motivasi belajar kepada siswanya sebelum melakukan proses pembelajaran, membina siswa melalui kegiatan muhadharah (pidato) setiap hari sabtu, melakukan bimbingan khusus (kerjasama guru dengan kepala sekolah dan guru bagian kesiswaan), kerjasama antara guru dengan orang tua atau wali siswa dan kerjasama antar sesama guru.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu mendeskripsikan tentang-tentang fenomena-fenomena yang ada melalui pendekatan ilmiah. kehadiran peneliti sebagai observer dalam kehidupan subyek selama waktu penelitian yang sudah ditetapkan sekaligus sebagai peneliti utama dalam penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teknik induktif dengan keabsahan data terdiri dari perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan dan tringulasi data. Adapun hasil penelitian yang peneliti dapatkan tentang bahwa bentuk – bentuk peran guru dalam menanggulangi tindakan indesipliner siswa di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang adalah: 1) Memberikan motivasi belajar kepada siswanya sebelum melakukan proses pembelajaran, 2) Membina siswa melalui kegiatan muhadharah (pidato) setiap hari sabtu, 3) Melakukan bimbingan khusus kerjasama guru dengan kepala madrasah dan guru bagian kesiswaan, 4) Kerjasama antara guru dengan orang tua atau wali siswa, dan 5) Kerjasama antar sesama guru. Adapun faktor yang melatarbelakangi indesipliner siswa di MA Hidayatussibyan NW Sengkerang adalah : 1) Kurangnya dukungan dari orang tua, 2) Perbedaan latar belakang siswa, 3) Kurangnya minat dan kesadaran siswa terhadap kegiatan- kegiatan sekolah, dan 4) Pengaruh Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Untuk menanggulangi tindakan Indesipliner Siswa di Ma Hidayatussibyan NW Sengkerang Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah Timur Tahun Pelajaran 2017 /2018 guru melakukan 1) Memberikan nasihat kepada siswa, 2) Meningkatkan hubungan dengan orang tua siswa/wali siswa dan, 3) Meningkatkan kerjasama dengan guru lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru ; Indisipliner
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur hasanah S.pdi
Date Deposited: 08 Aug 2019 07:43
Last Modified: 08 Aug 2019 07:43
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2251

Actions (login required)

View Item View Item