Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran fikih dalam meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas X Di Ponpes Madrasah Aliyah Hamzanwadi Nw Gelogor Kediri

Idalaila, Siti Nur (2018) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran fikih dalam meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas X Di Ponpes Madrasah Aliyah Hamzanwadi Nw Gelogor Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Siti Nur Idalaela 151141265_Compressed.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat menggunakan berbagai macam jenis strategi pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Satu diantaranya adalah strategi pembelajaran yang bertujuan untuk mendapatkan partisipasi siswa secara keseluruhan dan individual. Strategi pembelajaran yang dimaksud adalah strategi pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw yakni konsep belajar yang membantu siswa untuk aktif dalam proses belajar dan membuat siswa satu dengan yang lainnya saling membantu dalam memecahkan suatu persoalan yang diberikan oleh guru dan pada strategi pembelajaran yang digunakan ini guru membagi siswanya secara heterogen yakni tidak memandang suku, warna maupun ras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian Kooperatif Tipe Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih Kelas X MA Hamzanwadi NW Gelogor Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan sasaran siswa-siswi kelas X MA HAMZANWADI NW Gelogor Kediri. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Pada siklus I terdapat nilai ketuntasan klasikal 78, 94% dan pada siklus II terdapat nilai ketuntasan klasikal100%. Dan kenaikan prosentase dari siklus I ke siklus II terdapat 6%. Dilihat dari hasil yang diperoleh pada siklus II dikatakan telah tuntas karena tercapainya ketuntasan hasil belajar yang diharapkan yaitu 85%. Dengan demikian penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif tipe jigsaw, Meningkatkan hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur hasanah S.pdi
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:40
Last Modified: 08 Aug 2019 04:40
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2242

Actions (login required)

View Item View Item