Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Selaparang NW Kediri)

Hanip, Sepma Pulthinka Nur (2018) Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Selaparang NW Kediri). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Sepma Pulthinka Nur Hanip 151141088_Compressed.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu isu utama yang muncul beberapa tahun belakangan dalam bidang pendidikan adalah terkait pendidikan karakter. Disebabkan Krisis moralitas yang masih menjadi persoalan serius bangsa Indonesia. Dalam hal karakter, para pakar pendidikan mulai melakukan berbagai terobosan dengan cara melakukan berbagai ragam penerapan pendidikan karakter. Disadari atau tidak, pendidikan karakter mencakup basis yang sangat luas. Pakar pendidikan di Indonesia, menemukan alternatif baru dalam membentuk karakter bangsa dengan basis kearifan lokal. Sebagai bangsa dengan agama, suku, budaya, dan bahasa yang berbeda-beda, bangsa Indonesia dengan letak wilayah dari sabang sampai merauke sekiranya patut berbangga dengan segudang keanekaragaman sumber daya yang dimilikinya. Salah satu (dengan tidak menyebut satu-satunya) lembaga pendidikan bangsa ini yaitu, pesantren masih menerapkan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Sebagai lembaga pendidikan tertua di Indonesia, pesantren banyak memberikan konstribusi yang begitu besar bagi dunia pendidikan terutama di Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yakni peneliti berangkat ke lapangan untuk memahami dan mengamati fenomena yang sedang terjadi di pondok pesantren Selaparang NW Kediri, Kabupaten Lombok Barat, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknis analisis data Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verification. Adapun hasil penelitian pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di pondok pesantren Selaparang NW Kediri bahwa, (1) bentuk-bentuk kearifan lokal yang berkembang di pondok pesantren Selaparang NW Kediri dalam konteks kehidupan sosial adalah berembuq, besemeton, base alus, tertip tapsile, dan reme (2) pola pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di pondok pesantren Selaparang NW Kediri diterapkan melalui tiga tahap yaitu, moral knowing yang diajarkan melalui kurikulum, moral feeling (mencintai kebaikan), dan moral action diterapkan melalui model pembiasaan dan melalui modeling dan exemplary.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter; Kearifan lokal, pondok pesantren
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur hasanah S.pdi
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:21
Last Modified: 08 Aug 2019 04:21
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2241

Actions (login required)

View Item View Item