Implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik di Kelas X MA Al- Barokah Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018

Nida, Sairatun (2018) Implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik di Kelas X MA Al- Barokah Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
SAIRATUN NIDA_Compressed.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di MA Al-Barokah Mataram pada hari senin tanggal 9 oktober 2017 pukul 08.00 WITA, Peneliti menemukan bahwa Madrasah tersebut sudah menerapkan kurikulum 2013 sejak beberapa tahun yang lalu, kemudian kelas X dinilai cocok untuk menjadi kelas sampel dalam penelitian ini karena menurut pendapat banyak orang termasuk guru akidah akhlak mengatakan bahwa selama ini kelas X lebih susah diatur dibanding kelas-kelas yang lain. Dari hasil wawancara peneliti memperoleh suatu informasi yaitu tentang penanaman nilai karakter yang dilakukan oleh guru pada pembelajaran akidah akhlak menggunakan kurikulum 2013. Oleh karena itu, perlu dilakukan suatu identifikasi tentang proses penanaman nilai karakter yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik dalam implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran akidah akhlak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriftif. Dalam memperoleh data yang diteliti, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan format dekskriftif dengan penerapan analisa data induktif. Peneliti mengambil kesimpulan bahwa nilai karakter yang paling utama ditanamkan di kelas X MA Al-Barokah Mataram adalah nilai karakter religius, disiplin, jujur, rasa ingin tahu, dan peduli sosial. Proses penanaman nilai karakter yang dilakukan oleh guru akidah akhlak diawali dengan memberikan keteladanan kepada peserta didik dan mengajak peserta didik untuk mematuhi setiap peraturan yang telah dibuat. Selanjutnya proses penanaman nilai karakter yang dilakukan oleh guru dapat dikatakan berada dalam kategori baik karena sudah sesuai dengan pedoman pelaksanaan Kurikulum 2013. Adapun kendala yang dihadapi oleh guru dalam menanamkan nilai karakter kepada peserta didik di kelas X MA Al-Barokah Mataram dapat dikatakan tidak ada kendala, semua proses berjalan dengan baik. Akan tetapi dari segi hasil, tidak menjamin semua peserta didik dapat menyerap setiap nilai karakter dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Karena untuk hasil pembentukan karakter peserta didik juga dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain seperti faktor keluarga dan lingkungan bermain peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013; pembelajaran akidah akhlak; karakter peserta didik
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur hasanah S.pdi
Date Deposited: 08 Aug 2019 03:38
Last Modified: 08 Aug 2019 03:38
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2239

Actions (login required)

View Item View Item