Penerapan kompetensi kepribadian guru fiqih dalam membentuk karakter siswa Kelas VII B Mts. Miftahul Ishlah Tembelok Tahun Pelajaran 2017/2018

Yulia, Rohil (2018) Penerapan kompetensi kepribadian guru fiqih dalam membentuk karakter siswa Kelas VII B Mts. Miftahul Ishlah Tembelok Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Rohil Yulia 151141226_Compressed.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi karena pentingnya pendidikan karakter yang harus ditanamkan dalam diri siswa melalui proses pendidikan. Hal tersebut dapat dilaksanakan oleh guru. Tidak lain yaitu seorang guru harus memperhatikan kompetensi yang dimiliki olehnya, terutama kompetensi kepribadian dari seorang guru. Menurut peraturan Menteri Pendidikan Nasional, terdapat 13 kompetensi seorang guru, penelitian menekankan pada berperilaku yang mencerminkan ketakwaan dan akhlak mulia, berperilaku yang dapat diteladani oleh peserta didik dan anggota masyarakat di sekitarnya, dan menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, arif dan berwibawa. Karena guru bukan hanya sebagai seorang pengajar saja, melainkan seorang pembimbing, pengarah dan penentu keberhasilan siswa. Di Indonesia terdapat 9 pilar karakter yang harus ditumbuhkan pada diri anak, yang paling ditekankan dalam penelitian ini adalah karakter yang cinta kepada Allah SWT., hormat dan santun, tanggung jawab, dan disiplin. Berdasarkan latarbelakang tersebut, maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang Penerapan Kompetensi Kepribadian Guru Fiqih dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas VII B MTs. Miftahul Ishlah Tembelok Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru fiqih, guru bimbingan konseling, wk. kesiswaan, siswa kelas VII B, wali kelas, kepala sekolah, dan ketua Yayasan MiftahulIshlah Tembelok. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, yang dianalisis dengan 4 cara, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 28 Februari sampai tanggal 7 April 2018. Dari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti memperoleh beberapa kesimpulan, diantaranya: 1) Kompetensi kepribadian guru fiqih MTs. Miftahul Ishlah Tembelok sangatlah beragam, akan tetapi hanya beberapa kompetensi yang peneliti jelaskan pada penelitian ini, karena sangat berdampak kepada pembentukan karakter siswa, seperti berperilaku yang mencerminkan ketakwaan dan akhlak mulia, berperilaku yang dapat diteladani oleh peserta didik dan anggota masyarakat di sekitarnya, dan menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, arif dan berwibawa. 2) Penerapan kompetensi kepribadian guru fiqih tersebut ditunjukkan melalui beberapa cara yaitu melalui nasehat atau motivasi, melalui teguran, melalui keteladanan, dan melalui kegiatan rutin. 3) Adapun dampak dari penerapan kompetensi kepribadian guru fiqih tersebut, yaitu siswa memiliki karakter yang cinta kepada Allah SWT., hormat dan santun, tanggung jawab, dan disiplin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi kepribadian guru; Membentuk, karakter siswa.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur hasanah S.pdi
Date Deposited: 08 Aug 2019 03:13
Last Modified: 08 Aug 2019 03:13
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2238

Actions (login required)

View Item View Item