Pengaruh penerapan pembelajaran Contextual Teachingand Learning dalam meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Pai di SDN 1 Jembe Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018

Robiatun, Rina (2018) Pengaruh penerapan pembelajaran Contextual Teachingand Learning dalam meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Pai di SDN 1 Jembe Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Rina Rabiatun 151141175_Compressed.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (928kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Contextual Teaching And Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PAI di SDN 1 Jembe Lombok Tengan Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan penelitian populasi karena jumlah siswanya adalah 25 siswa. Analisis dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier sederhana dan analisis koefisien korelasi product moment. Dari analisis regresi linier melanjutkan dengan melakukan uji keberartian yaitu Fhitung>Ttabel (18,78>0,41) kemudian melakukan uji linieritas, diperoleh angket penerapan pembelajaran CTL dan hasil rata-rata tes formatif siswa menunjukkan data linier yaitu Fhitung<Ttabel(0,86>0,42) dengan tarif signifikan 5%. Dan analisis koefisien korelasi product moment diketahui nilai r hitung adalah 85,62 sedangkan dengan nilai r tabel untuk klasifikasi 5% dan N=25-2=23 adalah 0,41 ini dikategorikan cukup/kuat hingga Ho ditolak. Hal ini menunujukkan bahwa ada pengaruh penerapan pembelajaran CTL dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PAI di SDN 1 Jembe.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching And Learning, Hasil Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur hasanah S.pdi
Date Deposited: 08 Aug 2019 02:46
Last Modified: 08 Aug 2019 02:46
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2237

Actions (login required)

View Item View Item