Hubungan kemampuan menghafal al-quran dengan kemampuan membaca Al-Quran Santri Pondok Pesantren Al-Hamidiyah Nw Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018

Herlina, Pipin (2018) Hubungan kemampuan menghafal al-quran dengan kemampuan membaca Al-Quran Santri Pondok Pesantren Al-Hamidiyah Nw Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Pipin Herlina 151141099_Compressed.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Inti dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara kemampuan menghafal alQuran dengan kemampuan membaca al-Quran. Untuk itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi atau hubungan kemampuan menghafal al-Quran dengan kemampuan membaca al-Quran santri pondok pesantren Al-Hamidiyah NW Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis Korelasi Product Moment. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes lisan untuk memperoleh data menghafal al-Quran, dan menggunakan instrument observasi bentuk pengamatan untuk memperoleh data tentang membaca al-Quran. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri pondok pesantren Al-Hamidiyah NW Kediri yang mengikuti tahfzul Quran yang berjumlah 20 orang, karena populasi kurang dari 100 orang maka dalam penelitian ini semua populasi dijadikan sebagai sampel sehingga penelitian ini dinamakan penelitian populasi. Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan menghafal al-Quran dan kemampuan membaca al-Quran dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment diperoleh rhitung sebesar 0,787, sedangkan rtabel pada taraf signifikansi 5 % dengan N= 20, 20-2= 18 diketahui sebesar 0,468. Dengan demikian, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya “Terdapat hubungan antara kemampuan menghafal al- Quran denga kemampuan membaca al-Quran santri pondok pesantren Al-Hamidiyah NW Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Selanjutnya, ketika dilakukan pengujian uji signifikansi Korelasi Product Moment yakni dengan menggunakan uji “t” diperoleh thitung sebesar 7,240, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5 % dengan dk= n-2 yakni 20-2= 18, maka diperoleh ttabel sebesar 2,110. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya, untuk mengetahui besar hubungan antara kemampuan menghafal al-Qurandengan kemAampuan membaca al-Quran dilakukan perhitungan dengan menggunakan analisis koefisien determinasi, yakni dengan mengkuadratkan nilai rhitung (r2). Dalam hal ini r2 = 0,7872 = 0,61,9. Hal ini menunjukkan bahwa variable kemampuan menghafal al-Quran (X) berkontribusi sebesar 7,240 % dalam menentukan variabel kemampuan membaca al-Quran (Y). Berdasarkan hasil analisa data yang telah dilakukan, peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat hubungan kemampuan menghafal al-Quran dengan kemampuan membaca al-Quran santri pondok pesantren Al-Hamidiyah NW Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menghafal al-quran; ; kemampuan membaca al- Quran.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur hasanah S.pdi
Date Deposited: 08 Aug 2019 02:12
Last Modified: 08 Aug 2019 02:12
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2235

Actions (login required)

View Item View Item