Peran guru akidah akhlak dalam mengembangkan kecerdasan emosional Siswa Kelas VIII Mts NW Jempong Tahun Pelajaran 2017/2018

Karomi, Nuruzzaman (2018) Peran guru akidah akhlak dalam mengembangkan kecerdasan emosional Siswa Kelas VIII Mts NW Jempong Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Nuruzzaman Karomi 151141269_Compressed.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peran Guru didalam mengemban dunia pendidikan sangatlah penting dilakukan, mengingat guru bukan hanya sekedar mengisi isi memori peserta didik melainkan mengidahkan segala bentuk prilaku siswa. Akidah Akhlak merupakan kata yang berbeda namun pada hakikatnya saling berkaitan satu dengan yang lainnya, karena jika salah satu di antara kedua hal tersebut cedera atau tidak baik maka, merusak penilaian dari sisi Allah SWT. Oleh sebab itu peran guru akidah Akhlak sangat di butuhkan dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa, yang pada dasarnya kecerdasan emosional itu bermuara pada akidah dan akhlak seseorang, jika akidah serta akhlak baik maka dengan sendirinya kecerdasan emosional itu lahir daripadanya, sebaliknya jika akidah serta akhlak yang kurang baik itulah tandanya bahwa masih lemahnya kecerdasan emosional yang orang miliki. Penelitian ini berjudul: “peran guru akidah akhlak dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa kelas VIII MTs NW Jempong tahun pelajaran 2017/2018”. Yang dilakukan semenjak bulan April sampai dengan bulan Mei 2018. Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah para siswa kelas VIII yang sedang berada dalam semester Genap. Yang menjadi informan dalam penelitian ini ialah kepala sekolah, wali kelas, guru akidah akhlak, siswa-siswi kelas VIII. Dalam melakukan tekhnik pengumpulan data peneliti menggunakan instrument yaitu, metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan informasi dalam kelengkapan data penelitian. Adapun hasil penelitian ini adalah peran guru akidah akhlak dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa antara lain meliputi pembinaan kemampuan mengendalikan diri, berempati, memotivasi diri, serta keterampilan dalam bersosial, sehingga nilai-nilai yang terinternalisasikan untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa yaitu nilai disiplin dan percaya diri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran guru; kecerdasan emosi; disiplin; percaya diri
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur hasanah S.pdi
Date Deposited: 08 Aug 2019 02:01
Last Modified: 08 Aug 2019 02:01
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2234

Actions (login required)

View Item View Item