Pembinaan perilaku siswa melalui pembiasaan dan keteladanan pada pembelajaran aqidah akhlak siswa Kelas VII MTs. Riyadlusshibyan Lendang Re Batulayar TahunPelajaran 2017/1018

Hidayati, Nurul (2018) Pembinaan perilaku siswa melalui pembiasaan dan keteladanan pada pembelajaran aqidah akhlak siswa Kelas VII MTs. Riyadlusshibyan Lendang Re Batulayar TahunPelajaran 2017/1018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Nurul Hidayati 151141121_Compressed.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati, subyek peneltian ini adalah parasiswa-siswi di MTs Riyadlusshibyan Lendang Re Batulayar, guru bidangstudi Aqidah Akhlak, kepala sekolah sebagai informan. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; Keadaan perilaku siswa di MTs Riyadlusshibyan Lendang Re Batulayar umumnya sudah cukup baik, akan tetapi masih ada beberapa siswa yang masih mempunyai perilaku kurang baik seperti ; tidak masuk sekolah tanpa keterangan, bolos sekolah, meninggalkan jam pelajaran, berbicara kurang sopan, berkelahi, dan lain sebagainya. Proses pembinaan perilaku siswa melalui pembiasaan dan keteladanan yang dilakukan oleh guru yaitu dengan ; pembiasaan mengucap salam ketika masuk kelas, bertemu dengan guru, masuk ruangan guru dan ketika ada siswa yang tidak mengucap salam ketika masuk kelas maka guru menegurnya, pembiasaan membaca dan menghafal Al-Qur’an, dan bagi siswa yang tidak hafal makan diberi hukuman, pembiasaan dan keteladanan shalat dhuha bersama, memberikan pembiasaan dan keteladanan sopan santun dalam berbicara, berpakaian, maupun bertingkah laku, membiasakan perilaku disiplin siswa dalam belajar, dan membiasakan perilaku siswa dalam menjaga kebersihan diri maupun lingkungan Madrasah dengan membuatkan jadwal piket kebersihan. Perubahan perilaku siswa di MTs Riyadlusshibyan Lendang Re Batulayar setelah penerapan pembiasaan dan keteladanan dikatakan sudah mengalami sedikit perubahan karena para siswa belajar untuk menanamkan kebiasaan yang baik seperti ; sikap hormat kepada guru dengan mengucap salam apabila bertemu dengan guru, dan menjadikan guru sebagai tauladan. Selain itu juga, siswa belajar untuk disiplin dalam belajarnya karena berdisiplin akan membuat seorang siswa memiliki beberapa cara belajar yang baik. Kendala yang dihadapi guru dalam penerapan pembiasaan dan keteladanan diantaranya yaitu, perbedaan perilaku siswa, kurangnya kesadaran siswa dalam mentaati aturan-aturan yang berlaku di Madrasah, dan kurangnya perhatian orag tua menyebabkan perilaku siswa menjadi buruk dan sering merugikan orang lain bahkan diri sendiri. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, guru Pendidikan Agama Islam, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan perilaku siswa; Pembiasaan dan keteladan guru.
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur hasanah S.pdi
Date Deposited: 08 Aug 2019 01:49
Last Modified: 08 Aug 2019 01:49
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2233

Actions (login required)

View Item View Item