Nurhidayah, Nurhidayah (2020) Pola pembinaan pembelajaran Al-Qur’an siswi di Pondok Pesantren Hidayatullah Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nurhidayah 151141235..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini didasari bahwa ustadz dan ustdzah memiliki peran yang sangat penting dalam mendidik, membimbing dan mengarahkan peserta didik untuk lebih meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal al-Qur’an. Hal ini cukup penting karena membaca dan menghafal Al-Qur’an sangat berpengaruh bagi kepribadian setiap individu.karena itulah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pembinaan dalam menghafal Al-Qur’an atau tahfizhul Qur’an di pondok pesantren hidayatullah mataram. . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatrif yaitu mendeskripsikan tentang fenomena fenomena yang ada melalui pendekatan ilmiah.kehadiran peneliti sebagai observer dalam kehidupan subyek selama waktu penelitian yang sudah ditetapkan sekaligus sebagai peneliti utama dalam penelitian ini.Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan penelitiadalah dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teknik induktif dengan keabsahan data terdiri dari perpanjangan, keikutsertaan peneliti ketekunan pengamatan dan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian penulis, maka diambil kesimpulan bahwa:pola pembinaan pembelajaran al-qur’an di pondok pesantren hidayatullah mataram Pola pembinaan yang dilakukan adalah pola pembinaan tajwid, pembinaan kelompok, dan pembinaan tahfiz. ilmu tajwid, makhorijulhuruf, siifatul huruf, dan lagu atau nada didalam membaca Al-Qur’an. Kemudian Faktor pendukung dalam pembinaan pembelajaran Qur’an adalah sebagai berikut: Motivasi yang kuat dari dalam diri santri, Faktor lingkungan pondok pesantren hidayatullah yang terakhir adalah faktor ustadz/ustadzah danpembinanya.dan adapun faktor penghambatnya yaitu, kondisi peserta didik meliputi, malas, rasa ngantuk, melemahnya semangat dan minimnya sumber daya manusia serta keterbatasan waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; kemampuan membaca al-qur’an; menghafal al-qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 07 Mar 2022 06:49
Last Modified: 07 Mar 2022 06:49
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2229

Actions (login required)

View Item View Item