Nuralip, Nuralip (2021) Problematika pembelajaran daring pada mata pelajaran PAI siswa kelas XI di SMKN 1 Lingsar Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Nuralip 170101184.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Pembelajaran merupakan serangkaian proses atau kegiatan yang dilaksanakan oleh guru dan siswa menggunakan metode yang efektif agar proses belajar mengajar dapat berjalan secara optimal. Dalam proses pembelajaran di SMKN 1 Lingsar saat ini menggunakan sistem Daring dalam proses belajar mengajar terutama dalam hal materi PAI, namun dengan di terapkannya metode Daring ini banyak permasalahan atau problematika yang timbul. Oleh karena itu, keadaan di jadikan peneliti sebagai objek untuk melakukan penelitian sebab dalam melakukan pembelajaran metode Daring peserta didik banyak yang mengalami kesulitan. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mengetahui Problematika Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas XI Di SMKN 1 Lingsar Tahun Pelajaran 2020/2021, dan 2) Untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi Problematika Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas XI Di SMKN 1 Lingsar Tahun Pelajaran 2020/2021. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Problematika Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas XI Di SMKN 1 Lingsar Tahun Pelajaran 2020/2021 antara lain: Tidak sedikit peserta didik yang belum bisa memahami isi materi yang disampaikan secara Daring, Kurangnya kerjasama antara pendidik dengan orang tua peserta didik, Kesulitan dalam memilih metode yang tepat atau sesuai dengan materi yang dibawakannya, Kesulitan dalam melakukan evaluasi, Peserta didik kurang aktif dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran, Akses internet dan kuota yang kurang memadai. Sedangkan upaya guru dalam mengatasi Problematika Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas XI di SMKN 1 Lingsar Tahun Pelajaran 2020/2021, meliputi: Membuat konten atau isi materi yang disampaikan secara Daring dengan kreatif dan mudah dipahami semua peserta didik, Meningkatkan kerjasama antara pendidik dengan orang tua peserta didik, menggunakan metode yang bervariasi sesuai dengan materi, Melakukan evaluasi dan melaksanakan rencana sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dengan efektif, Mengadakan kerjasama dengan wali kelas dan guru BK dan, Memberikan bantuan kuota.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guru; metode belajar; metode daring |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 07 Mar 2022 06:32 |
Last Modified: | 07 Mar 2022 06:32 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2227 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |