Jumadil, Muhamad (2019) Penerapan latihan muhadharah dalam membentuk mental santri di Pondok Pesantren Ishlaah Al-Ummah Batu Mulik Desa Gapuk Kecamatan Gerung Lombok Barat NTB. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Muhamad Jumadil 1501010055.docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18kB)

Abstract

INDONESIA Dalam pendidikan Islam, disyaratkan adanya suatu lingkungan pendidikan agar tercapainya tujuan pendidikan.Terdapat tiga lingkungan pendidikan utama, yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat.Pondok pesantren merupakan salah satu sarana pendidikan nonformal bagi masyarakat Islam. Keberadaan pondok pesantren sebagai salah satu tempat pendidikan keagamaan bagi masyarakat muslim di Dusun Batu Mulik, setidaknya mampu memberikan warna tersendiri salah satunya di bidang pendidikan khususnya dalam membentuk mental para santri/siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “(1) Bagaimanakah penerapan latihan muhadharoh dalam meningkatkan mental santri di ponpes Ishla’ah Al-Ummah Batu Mulik Desa Gapuk Kecamatan Gerung Lombok Barat-NTB. (2)Bagaimana Proses Pembentukan mental santri Dalam latihan muhadharoh di ponpes Ishla’ah Al-Ummah Batu Mulik Desa Gapuk Kecamatan Gerung Lombok Barat-NTB. (3) Apasaja problematika santri dalam latihan muhadharoh di ponpes Ishla’ah Al-Ummah Batu Mulik Desa Gapuk Kecamatan Gerung Lombok Barat-NTB. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan Pendidikan nonformal di pondok pesantren Ishlaah Al-Ummah dan bagaimana kontribusinya dalam membentuk mental sanrinya dengan menerapkan latihan muhadharah.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitiatif.Data penelitian diperoleh dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.Adapun metode analisis data bersifat induktif yaitu mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitiatif. Data penelitian diperoleh dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.Adapun metode analisis data bersifat induktif yaitu mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) pondok pesantren Ishlaah Al-Ummah memiliki program pendidikan Islam nonformal utamanya untuk memenuhi kebutuhan mental-spiritual umat yang meliputi:pembentukan mental melalui penerapan latihan muhadharah sebagai kegiatan ekstrakulikuler (2) Program pendidikan mental melalui penerapan latihan muhadharah di pondok pesantren Ishlaah Al-Ummah memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap perubahan prilaku serta keberanian hal Ini terlihat dari semangat para sntri dalam mengikuti kegiatan muhadharah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: muhadharah; mental santri; metode belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 07 Mar 2022 04:58
Last Modified: 07 Mar 2022 04:58
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2220

Actions (login required)

View Item View Item