Pengaruh media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas vii pada pembelajaran fiqih di Mts Hidaatul Muhsinin Labulia Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018

Nisa, Zahratun (2018) Pengaruh media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas vii pada pembelajaran fiqih di Mts Hidaatul Muhsinin Labulia Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Zahratun Nisa 151121026_Compressed.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar mencakup kemampuan kongnitif, Afektif, dan psikomotorik. Hasil belajar adalah perubahan perilaku secara keseluruhan bukan hanya salah satu aspek potensi kemanusiaan saja,. Artinya, hasil pembelajaran yang dikategorisasi oleh pakar pendidikan sebagaimana tersebut diatas tidak dilihat secara fragmentaris atau terpisah, melainkan komprehensif. Sedangkan Media adalah alat (sarana) komunikasi seperti Majalah, Koran,Radio,Televisi, dan sebagainya,sedangkan gambar adalah tiruan gambar atau bentuk yang dicoretkan pada kertas, Gambar juga adalah media yang paling umum dipakai gambar merupakan bahasa yang umum, yang dapat mengerti dan dinikmati dimana-mana. Oleh karna itu, pepatah cina menyatakan sebuah gambar leih banyak berbicara dari pada seribu kata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada pembelajaran fiqih di MTs. Hidayatul Muhsinin Labulia Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018?. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Untuk mencari kuatnya pengaruh atau hubungan antara variabel independen terhadap variabel dependen maka dicari dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs. Hidayatul Muhsinin Labulia Lombok Tengah yang berjumla siswa yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitia serjumlah 25 siswa yang diambil dengan gunakan teknik random secara ordinal. Dari hasil perhitu moment, diperoleh 0,691 yang diko an 0,413. Ini berarti h an atau pengaruh antar n ap variabel dependen (Y) tinggi atau kuat, karena asil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis tif rbunyi “Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pembelajaran media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas VII di MTs. Hidayatul Muhsinin Labulia Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018” diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media gambar; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur hasanah S.pdi
Date Deposited: 08 Aug 2019 07:28
Last Modified: 08 Aug 2019 07:28
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2219

Actions (login required)

View Item View Item