Yani, Iman Hendra (2019) Penerapan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Fiqih kelas ula di Pondok Pesantren Daarul Muttaqiin Jotang Beru Sumbawa. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Iman Hendra Yani 1501010165.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini digunakan untuk mengetahui sejauh mana penerapan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran fiqih kelas ula di pondok pesantren Daarul Muttaqiin Jotang Beru Empang Sumbawa. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran fiqih kelas ula di pondok pesantren Daarul Muttaqiin Jotang Beru Empang Sumbawa. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) penerapan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran fiqih kelas ula di pondok pesantren Daarul Muttaqiin Jotang Beru Empang Sumbawa? (2) apa sajakah faktor pendorong dan faktor penghambat model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran fiqih kelas ula di pondok pesantren Daarul Muttaqiin Jotang Beru. Jenis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang besifat deskriptif yaitu berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Alasan peneliti menggunakan pendekatan ini untuk mengembangkan suatu teori yang dibangun melalui data yang diperoleh berdasarkan hasil temuan di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran fiqih kelas ula di pondok pesantren Daarul Muttaqiin Jotang Beru Empang Sumbawa telah diterapkan. Dilihat dari langkah yang dilakukan: (1) mengembangkan pemikiran santri agar belajar lebih bermakna. (2) mengembangkan sifat ingin tahu santri dengan bertanya. (3) menghadirkan model sebagai contoh. Adapun faktor pendorong dan penghambat dalam penerapan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran fiqih kelas ula di pondok pesantren Daarul Muttaqiin Jotang Beru Empang Sumbawa. faktor pendorong dalam penerapan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran fiqih kelas ula di pondok pesantren Daarul Muttaqiin Jotang Beru Empang Sumbawa : (1) kepemimpinan yang baik dari pimpinan pondok. (2) wawasan yang luas dan terbuka dari pengajar fiqih (3) ketersediaan sarana dan prasarana. faktor penghambat dalam penerapan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran fiqih kelas ula di pondok pesantren Daarul Muttaqiin Jotang Beru Empang Sumbawa yakni perbedaan latar belakang pendidikan Santri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode belajar; model pembelajaran kontekstual; pemikiran santri |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 07 Mar 2022 02:52 |
Last Modified: | 07 Mar 2022 02:52 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2211 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |