Penerapan metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam siswa Kelas VIII di SD – SMPN Satap 4 Gunungsari Tahun Pelajaran 2016/2017

Hasanah, Mauizatun (2018) Penerapan metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam siswa Kelas VIII di SD – SMPN Satap 4 Gunungsari Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Mauizatun Hasanah 151141191_Compressed.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Setiap sekolah mempunyai ciri khas yang dilakukan guna tercapainya tujuan pendidikan. Dalam hal ini sekolah swasta SMP Darul Hikmah Mataram menerapkan kebiasaan shalat dhuha sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Sebelum diadakannya kegiatan shalat dhuha di sekolah, siswa sangat tidak disiplin saat datang ke sekolah. Hal ini terlihat saat kegiatan doa bersama di lapangan, sangat sedikit siswa yang datang sebelum kegiatan doa dimulai. Karena itu kedisiplinan menjadi masalah terbesar di sekolah ini. Untuk meningkatkan kedisiplinan siswa, berbagai cara dilakukan oleh guru dan pihak sekolah, salah satunya dengan kegiatan shalat sunnah dhuha, serta pembuatan aturan dan sanksi atas pelanggaran yang di buat melalui hal-hal yang baik Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi kepada sumber data. Adapun metode observasi yang di gunakan adalah observasi Non Partisipan karena peneliti tidak terlibat langsung dalam mengikuti kegiatan siswa di sekolah. Sedangkan metode wawancara yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur karena pelaksanaannya lebih bebas dan terbuka, sehingga lebih mudah untuk mendapatkan permasalahan dan ide-ide dari sumber yang diwawancarai. Dalam hal ini, shalat dhuha di SMP Darul Hikmah dilaksanakan setiap hari yaitu jam pertama, tepatnya pada pukul 07.00 WITA. Semua siswa wajib mengikuti shalat dhuha di sekolah. Pelaksanaan shalat dhuha dilaksanakan di musolla sekolah. Ketika semua jamaah sudah siap, shalat dhuha mulai dilaksanakan dengan 4 rakaat dan 2 salam. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, peneliti dapat memberikan kesimpulan tentang pentingnya shalat dhuha bagi siswa khususnya siswa kelas VIII di SMP Darul Hikmah yaitu, 1. Shalat dhuha dapat melatih pembiasaan siswa agar terbiasa melakukan shalat dhuha sendiri, 2. Shalat dhuha dapat memberikan pengetahuan siswa tentang tata cara pelaksanaan shalat dhuha, 3. Shalat dhuha dapat meningkatkan kesadaran siswa dalam menaati kewajiban sekolah, 4. Shalat dhuha dapat menenangkan hati sehingga siswa lebih mudah dalam menerima pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan; Pelaksanaan Shalat Dhuha; Makna Shalat Dhuha.
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur hasanah S.pdi
Date Deposited: 31 Jul 2019 06:38
Last Modified: 31 Jul 2019 06:39
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2198

Actions (login required)

View Item View Item