Peranan pondok pesantren As-Sa’idiyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Santri/Santriwati Desa Sigar Penjalin Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara

Azmi, Fahrul (2017) Peranan pondok pesantren As-Sa’idiyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Santri/Santriwati Desa Sigar Penjalin Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Lalu fahrul Azmi 151131085_Compressed.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana Peranan Pondok Pesantren As-Sa’idiyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri/Wati Desa Sigar Penjalin Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara, adapun peran guru yang diteliti dalam penelitian ini adalah Pondok Pesantren As-Sa’idiyah dan tidak lebih luas dari itu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis kualitatif yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Penelitan ini dilakukan pada santri/wati As-Sa’idiyah desa sigar penjalin Kecamatan tanjungi Kabupaten Lombok utara yang berjumlah 35 orang yang terdiri dari 17 orang santri dan 18 orang santriwati. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi.Sedangkan analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini melalui redusksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, ditemukan bahwa: aktivitas yang dilakoni oleh pondok pesantren As-Sa’idiyah Sigar Penjalin dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an berupa: pelaksanaan pembelajaran secara rutin, memberikan bimbingan khusus, memberikan berbagai macam metode dan memotivasi santri. Sedangkan implikasi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an adalah santri mampu menghafal do’a dan mampu menghafal surat dalam Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peranan pondok pesantren; meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an,
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur hasanah S.pdi
Date Deposited: 31 Jul 2019 01:39
Last Modified: 31 Jul 2019 01:39
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2192

Actions (login required)

View Item View Item