Pengaruh penerapan media pendidikan terhadap hasil belajar siswa kelas III Pada Mata Pelajaran PAI di SDN Murbaya Tahun Pelajaran 2017/2018

Ardian, Isnaini (2018) Pengaruh penerapan media pendidikan terhadap hasil belajar siswa kelas III Pada Mata Pelajaran PAI di SDN Murbaya Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Isnaini Ardiani 151141243_Compressed.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan sarana belajar sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SD N Murbaya tahun pelajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode angket, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Adapun analisis di dalam penelitian ini peneliti menggunakan regresi linier sederhana dan koefisien korelasi product moment. Setelah itu untuk melakukan uji keberartian, bahwa terdapat atau adanya koefisien berarti karena Ha diterima dan Ho ditolak dengan dk pembilang = 1 dan dk penyebut sebanyak 22 sehingga F hitung > F tabel atau 10,3053 > 7,50. Selanjutnya untuk menguji linieritas bahwa terdapat linier karena Ho diterima dan Ha ditolak dengan dk pembilang = 1 dan dk penyebut = 31 sehingga F hitung < F tabel atau 1,7049 < 8,02 pada taraf signifikansi 5 %. Di dalam penelitian ini rumus yang digunakan untuk mengetahui adanya keterkaitan antara penggunaan penggunaan sarana belajar sekolah dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SD N Murbaya adalah rumus korelasi product moment dengan hasil r hitung > r tabel atau 0,614 > 0,339 pada taraf signifikansi 5% dengan n = 34 . sedangkan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan sarana belajar sekolah dengan hasil belajar siswa, dengan koefisien determinasi 0,376996. Hal ini berarti hasil belajar siswa 37,6996% ditentukan oleh guru karena guru yang telah menggunakan sarana belajar sekolah pada proses pembelajaran, sisanya 62,3004% ditentukan oleh faktor lain. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan sarana belajar sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SD N Murbaya pada tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sarana belajar; Hasil belajar.
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur hasanah S.pdi
Date Deposited: 31 Jul 2019 00:12
Last Modified: 31 Jul 2019 00:13
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2184

Actions (login required)

View Item View Item